Lihat ke Halaman Asli

Mela

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023: Gemar Makan Ikan Bisa Meningkatkan Imunitas dan Kecerdasan Anak

Diperbarui: 15 Agustus 2023   02:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023)

Kaligelang (15/08/2023) -- Mahasiswa Universitas Diponegoro Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2022/2023, KKN tersebut dilaksanakan di SD Negeri 02 Kaligelang dengan sasaran kelas 5. Program ini dilaksanakan oleh Mela, mahasiswa Perikanan Tangkap Universitas Diponegoro dengan edukasi sosialisasi gemar makan ikan untuk meningkatkan imunitas dan kecerdasan anak. Program kerja ini sesuai dengan tema KKN Tim II Undip Tahun 2023 yaitu SDG's dimana salah satu tujuan SDG's yaitu kehidupan sehat dan sejahtera. Program ini merupakan bentuk untuk memastikan kehidupan sehat dan sejahtera yang berkelanjutan di Desa Kaligelang, Kec. Taman, Kab. Pemalang, Jawa Tengah.

(Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023)

Gemar makan ikan merupakan salah satu program nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. Salah satu sumber bahan makanan yang kaya akan kandungan zat gizi adalah ikan. Ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung omega-3 untuk perkembangan otak anak. 

Selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah. Gemar makan ikan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan sejak dini. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengajak anak-anak SD Negeri 02 Kaligelang khususnya kepada anak-anak kelas 5, untuk mengkonsumsi ikan dengan cara mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan atau hasil perikanan dengan menggunakan poster yang diberikan kepada anak-anak SD Negeri 02 Kaligelang dan menjelaskan mengenai manfaat serta kandungan gizi ikan.

(Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023)

Antusiasme anak-anak kelas 5 SD Negeri 02 Kaligelang sangat positif dan interaksi dalam hal diskusi patut diacungi jempol. Anak-anak sangat antusias menyimak dan mendengarkan pemaparan materi mengenai gemar makan ikan. Isi dari materi gemar makan ikan meliputi kandungan gizi dalam ikan, manfaat mengkonsumsi ikan dan jenis-jenis ikan yang dapat dikonsumsi. Selain itu, antusias tersebut dapat kita rasakan ketika kita memberikan beberapa kuis seputar ikan kepada anak-anak, banyak dari mereka yang aktif untuk menjawab kuis yang kami berikan bahkan saling berebut untuk menjawab kuis tersebut. 

Terlebih lagi, ada hadiah berupa snack menjadikan acara tersebut lebih seru dan menarik untuk menjawab kuis tersebut. Testimoni dari peserta program tersebut sangat menyenangkan, menurut anak-anak SD Negeri 02 Kaligelang khususnya kelas 5 merasa sangat senang mengikuti program gemar makan ikan karena mendapatkan informasi mengenai manfaat dan kandungan gizi ikan serta pentingnya mengkonsumsi ikan. Diharapkan dengan adanya program ini anak-anak SD Negeri 02 Kaligelang sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini agar terciptanya generasi yang sehat, kuat dan  cerdas.

Author : Mela (Perikanan Tangkap)

DPL : Dr. Ars. Ir. Wijayanti, M.Eng., Dr. Dra. Susiana Purwantisari, M.Si., dan Drs. Dul Muid, S.E., M.Si., Akt.

Lokasi KKN : SD Negeri 02 Kaligelang, Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang,  JawaTengah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline