Lihat ke Halaman Asli

Meka Rosianty Br Sitepu

Mahasiswa Universitas Negeri Medan Pendidikan Bahasa Inggris

Pengaruh Positif Budaya Asing terhadap Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 24 Mei 2023   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masuknya budaya asing ke Indonesia melalui melalui teknologi, budaya,dan sosial (dari kebiasaan-kebiasaan), perkembangan pesat era globalisasi saat ini semakin menekan proses akulturasi budaya. terutama pengaruh budaya Barat kehadiran budaya Barat seakan mendominasi dan selalu menjadi trend-centre masyarakat. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Masuknya budaya asing dapat diterima di indonesia dengan memberi dampak positif terutama pada pendidikan di Indonesia.

Salah satu pengaruh budaya asing yaitu dapat mendorong remaja Indonesia untuk mengembangkan keterampilan bahasa asing terutama bahasa inggris. Melalui akses terhadap konten berbahasa asing, remaja dapat belajar bahasa asing dengan lebih mudah dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka. Kemahiran bahasa asing ini dapat memberikan keuntungan dalam dunia pendidikan, karir, dan interaksi dengan orang-orang dari berbagai budaya.

Indonesia masuk dalam kategori kemampuan berbahasa Inggris 'low proficiency' bersama dengan beberapa negara lainnya seperti China, Iran, Qatar, Jepang, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, tak heran jika Indonesia menempati urutan ke-15 dari 24 negara di Asia perihal kemampuan berbahasa Inggris. Padahal seperti yang kita tahu bahwa kemampuan berbahasa Inggris jadi salah satu kunci utama untuk meningkatkan daya saing pekerja, utamanya di kancah global. Tapi sayangnya, masyarakat Indonesia justru ditemukan tak terlalu fasih berbahasa Inggris.

Dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, kemungkinan besar dapat menjadi fakor dalam meningkatkan pendidikan indonesia, sebab masuknya budaya asing melalui teknologi memudahkan remaja indonesia mengakses situs pembelajaran yang dapat mengubah pola pikir remaja menjadu lebih modern, meningkatkan kreativitas dan innovasi, serta berfikir kritis. Meskipun terdapat banyak pengaruh positif bagi tetapi remaja Indonesia perlu pemahaman dan kesadaran yang tepat. Remaja perlu memahami dan menghormati nilai-nilai budaya mereka sendiri, serta membedakan antara pengaruh yang positif dan negatif dari budaya asing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline