Lihat ke Halaman Asli

Ngene Ki Lho, Jajal Diwoco Dhisik

Diperbarui: 30 Juni 2016   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

saya sekolah dari kecil di sekolah negeri. sampai sekarang saya sudah duduk di mahasiswa, masih asli produk sekolah negeri hahaha. tapi nggak masalah to selama saya bisa jadi orang sukses nantinya.

jadi gini lho saya cuma mau cerita. mungkin ini menyangkut SARA. maaf kalo ada yang ngga suka. tapi gapapa, saya juga ga berharap semua orang suka sama saya. 

saya kalangan minoritas. ya saya Kristen. ngga begitu banyak kalo di daerah rumah saya. dulu saya waktu kecil pernah dijauhi sama teman saya sekomplek. kata mereka 'SOALNYA KAMU KRISTEN. KITA NGGAK MAU MAIN SAMA ORANG YANG AGAMANYA BEDA." Ngga paham juga siapa yang ngajarin ngomong gitu sama anak anak. Yaudah saya cuma bisa nangis, terus cuma main berduaan sama kakak saya. petak umpet berdua, ke lapangan berdua. sedih ya.

trus waktu SMP. padahal termasuk sekolah negeri favorit di kota saya, ya walaupun kota saya emang ngga gede gede amat. saya waktu kelas delapan dijauhi juga sama temen sekelas saya, katanya karena SAYA KRISTEN, SAYA NYEMBAH PATUNG, TUHAN ITU NGGAK PUNYA ANAK, SAYA AGAMA PENJAJAH.

entah apalagi yang dibilang sama mereka, ya biasa saya cuma bisa nangis sambil cerita sama mama saya.

dan ternyata setelah 18 tahun saya hidup, saya baru tau ternyata itu meninggalkan luka di hati saya. saya gampang sekali benci sama orang. orang salah sedikit saya ngga suka, orang mengkritik, saya anggap dia benci sama saya. pokoknya saya gampang sekali benci sama orang. dan apa penyebabnya? CUMA GARA - GARA SAYA KRISTEN.

sekarang umur saya sih menuju 21 tahun, dan untuk trauma itu sudah 2 tahun saya coba obati bersama pembimbing rohani saya, sepertinya sih sudah agak sembuh, doakan sajalah.

intinya apa?

cuma mau bilang, anak anak mbok ya jangan diajari untuk membenci. cuma garagara sirik sama orangtuanya misalnya, anak kita hasut juga buat ngga main sama orangtua. atau tolong jangan dikasi masukan masukan sesat. JANGAN MAIN SAMA KRISTEN/ISLAM/HINDU/DLL  atau JANGAN MAIN SAMA CINA atau gimana. itu bisa bikin luka hati sampai bertahun tahun lho. tau kan kalo nyakitin orang dosa?

trus masalah ucapan selamat hari natal, aku selow kok kalo memang pada ngga ngucapin, gapapa kok beneran. tapi mbok ya jangan dibuat terkesan kita ini sangat mengharapkan ucapan selamat hari natal dari semua orang, tapi kalo gaboleh. gapapa kok, tenan. asal jangan berlebihan aja sampe bikin pamflet apa spanduk. ngluarin kata kata kasar lagi, ga elok bro. ga ngucapin gapapa kok, serius.

trus buat yang gasuka ahok cuma garagara dia CHINESE atau KRISTEN, dah to jangan kolot kolot amatlah. kalo bagus dipegang dia DKI nya, yaudah mbok akui aja. ayolah kita berpikir maju, dia juga ngga bakar wihara/pura/masjid kok. dah yoo jangan gitu ah, kurang kurangi bro. ayo menuju Indonesia negara maju mulai dari rakyatnya berpikiran maju

maaf yaa kalo menyinggung perasaan post ini. cuma suara hati kok.............




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline