Lihat ke Halaman Asli

Rokoklah Dalang dari Semua Ini ??

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

[caption id="attachment_265517" align="alignleft" width="244" caption="illustrasi google.com"][/caption]

Saat melihat seorang bapak-bapak merokok dalam bis yang saya naiki kemarin sore, tak sengaja mengingatkanku pada cerita kernet langgananku beberapa bulan yang lalu.

Berdasarkan cerita yang ia katakan pada saya, bahwa sebenarnya rokoklah yang menjadi pemicu perkelahian antara dua orang lelaki dewasa diatas bisnya beberapa bulan yang lalu. Ujung-ujungnya sang supir dan kernet juga harus turun tangan menyelesaikan permasalahan ini. Kok bisa rokok penyebab perkelahian??

Jadi begini ceritanya. Suatu hari bis si kernet tadi dipenuhi oleh penumpang, mungkin ini diakibatkan oleh minimnya angkutan yang di sediakan bagi para penggunanya. Akibatnya para penumpangpun harus merelakan diri mereka untuk berdiri berbaris bagaikan buah pepaya di gang-gang bis itu. Nah kebetulan pas saat itu naik seorang lelaki yang memiliki tampang pasaran lengkap dengan rokoknya yang masih panjang. Mungkin baru saja ia menghidupkanya sebelum naik bis.

Waktu si lelaki itu naik bis, ia tetap dengan santainya menghirup enaknya rokok itu. Padahal ruangan sudah pengap. Tapi seakan ia tak peduli, ia tetap menempatkan rokok nya pada bibir tebalnya itu. Nah waktu sedang menghisap itulah tiba-tiba sang supir mengerem.. kaget!! Silelaki itu terjungkal kedepan hingga badanya mendorong lelaki didepanya.Keadaan makin diperparah oleh rokok lelaki tadi yang mendarat tepat dileher bagian belakang penumpang lelaki yang didepan tadi. Emosi!! Perdebatan pun segera terjadi…si lelaki itupun minta maaf atas perilakunya tapi si lelaki satunya (korban) tak menggubrisnya..akhirnya terjadilah perang tinju diantara mereka yang juga menggangu kenyamanan penumpang yang lain pula. Merasa ada yang tak beres sang kernet pun berusaha melerai tapi karna badanya lebih kecil ia malah jadi sasaran… sekali lagi supirpun mengerem mendadak hingga mereka kaget. Si supirpun memisahkan mereka dengan cara mengoper perokok tadi ke bis yang lain…akhirnya perangpun dapat diatasi..

Jelas bukan sisi negatifnya (luarnya) sebuah rokok. Dibutukan sebuah kebijaksanaan untuk menggunakanya. Hak setiap manusia untuk merokok atau tidak, tapi minimal kita paham dimana kita harus memakai dan tidak memakainya. Jadinya kejadian yang seperti ini tidak akan terulang lagi…jangan jadikan orang lain menjadikan korban atas perbuatan kita.

Siapa dalang semua ini, rokok, supir, penumpang yang lain, siperokok atau saya yang menceritakanya pada anda, he..he ????

Salam,

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline