Lihat ke Halaman Asli

Dari Bakat Menjadi Hebat

Diperbarui: 22 Juni 2021   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta – Pada era sekarang, banyak anak muda yang merintis karirnya dimulai dengan membuka usaha, seperti Fauzan. Fauzan mulai merintis usaha miliknya yaitu semacam kedai kopi yang diberi nama “Warung Orang Awam”. Usaha  ini mulai didirikan pada akhir 2020, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2020. Usaha ini didirikan oleh Fauzan berdasarkan bakat yang dimilikinya, karena sebelumnya Fauzan pernah bekerja sebagai barista (pembuat kopi). “Mulai suka bikin-bikin kopi karena pernah bekerja di coffeshop, sih. jadi cukup familiar  dan menguasai mesin–mesin produksi kopi,” Ucap Fauzan dalam wawancara yang dilakukan melalui Google Meet pada Selasa (27/4).

Dalam mendirikan usahanya, Fauzan tidak dibantu oleh orang lain. Karena tidak dibantu oleh orang lain, maka ia hanya menjual melalui sistem pre-order. Walaupun sistem pre-order tetapi pesanan langsung dapat diantar dalam hitungan jam.“Untuk saat ini, karena belum ada yang bantu, jadi sistemnya pre-order dulu. Tapi tenang, pesanan sudah bisa di pick-up dalam hitungan jam,” Ucap Fauzan.

Dalam mempromosikan Warung Orang Awam Fauzan memilih media sosial, khususnya Instagram dan Whatsapp. Ia menciptakan tampilan yang menarik demi membangun personal branding, seperti yang ia lakukan pada Instagram.

Pada Instagram Warung Orang Awam, terdapat info kontak, metode pembayaran dan menu yang dimiliki oleh Warung Orang Awam, serta banyak promo yang disajikan guna menarik minat para calon konsumen. Banyaknya informasi yang tercantum pada akun media sosial, dapat memudahkan para calon konsumen dalam menemukan yang mereka cari.

Fauzan mengatakan bahwa ia berani mendirikan usaha kopi, meskipun banyaknya usaha yang sejenis dengan usahanya dengan membuat perbedaan dengan usaha serupa, dengan membangun personal branding yang cukup menarik dan menu minuman yang sangat lengkap dan memiliki ciri khas pada cita rasanya, serta harga yang sangat terjangkau sehingga bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli kopi tersebut, dan langsung diantarkan kerumah dalam hitungan jam, tanpa perlu repot repot keluar rumah untuk membeli kopi.

Warung Orang Awam memiliki banyak varian dalam menu-nya, mulai dari yang berbahan dasar kopi, hingga yang non-kopi. Hal tersebut dilakukan guna menarik lebih banyak pelanggan, karena banyak orang yang tidak terlalu suka dengan rasa kopi. Namun bukan hanya kopi saja, tetapi bisa memesan tambahannya seperti topping yang diinginkan oleh pelanggan, ada berbagai macam topping untuk disatu padukan didalam kopi. “Untuk yang tidak terlalu suka kopi, jangan khawatir, Warung Orang Awam juga menjual minuman yang tidak berbahan dasar kopi, kok,” tambah Fauzan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline