Lihat ke Halaman Asli

Meiriza Adwina Setiorini

Mahasiswa Oseanografi

Pembuatan Peta Administrasi Desa sebagai Sarana Perencanaan Pembangunan Desa di Masa Depan

Diperbarui: 10 Agustus 2023   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan Peta dengan ArcGis oleh Meiriza, 2023 (Dok. pribadi)

Desa Bandar, Kec. Bandar, Batang (10/08/2023) -  Peta desa memegang peranan penting untuk kepentingan desa itu sendiri. Dengan adanya peta desa, perangkat desa dapat mengetahui batas-batas desa serta mengidentifikasi dan menghitung potensi atau aset desa. Hal ini dapat dijadikan sebagai langkah awal dalam merencanakan peningkatan potensi desa. Selain itu, penggunaan peta desa juga dapat mengidentifikasi hal-hal yang mungkin dapat menjadi kendala dalam peningkatan potensi desa sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk mengatasinya (Sadarviana, 2014).

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 di Desa Bandar, yaitu Meiriza Adwina Setiorini berkoordinasi kepada perangkat desa untuk melakukan pemetaan dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk pengolahan data pembuatan peta administrasi di Desa Bandar. Setelah selesai koordinasi dan melengkapkan data-data yang diperlukan untuk pengolahan peta, kemudian dibuatlah pemetaan menggunakan perangkat lunak berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) seperti ArcGis lalu dilanjutkan dengan proses “layouting” yaitu proses pembingkaian peta pada perangkat lunak yang disertai keterangan atau legenda.

Setelah peta administrasi sudah jadi, selanjutnya Meiriza berkoordinasi lagi dengan perangkat desa untuk memvalidasi kebenaran batas-batas wilayah dusun dan juga RW yang sudah tertera pada legenda peta agar peta benar-benar bisa merepresentasikan bentuk dan kondisi desa yang sesungguhnya agar bisa langsung lanjut ke proses pencetakkan peta.

Penyerahan Peta kepada Perangkat Desa, Balai Desa Bandar 2023 (Dok. pribadi)

Selanjutnya, dilakukan serah terima kepada desa melalui para perangkat desa di Balai Desa. “Harapannya dengan adanya peta administrasi desa ini, dapat memberikan gambaran wilayah administrasi desa secara real sebagai sarana pembantu penyediaan data informasi yang berguna untuk perencanaan pembangunan di masa mendatang,” ujar Meiriza.

Oleh:

Meiriza Adwina Setiorini

Mahasiswa Tim II KKN Undip TA 2022/2023 Desa Bandar

DPL:

Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si

Dr. Adi Nugroho M.Si

Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline