Lihat ke Halaman Asli

Berbagai Kerajinan yang Dapat Anda Temui

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Bantul adalah salah satu kabupaten yang ada di kota Yogyakarta. Bantul menjadi pusat berbagai kerajinan di DI Yogyakarta, tepatnya di Sewon, Bantul , Yogyakarta. Di sana terdapat Pasar Seni Gabusan yang menjadi sentra penjualan karya seni warga sekitar. Pasar Seni gabusan ini didirikan pada tahun 2004, Pasar Seni Gabusan ini terletak sekitar 10 km kearah selatan pusat Kota Yogyakarta tersebut mampu menjadi pusat jual-beli produk kerajinan dan karya seni warga bantul. Pasar Seni Gabusan ini tepanya bertempat di jalan Parangtritis Km. 9,5 Timbulharjo, Sewon , Bantul , Yogyakarta.

Pasar Seni Gabusan adalah pusat penjualan barang-barang kerajinan. Mulai dari barang kerajinan yang berbahan baku kulit, kayu, logam, tanah,perak, bambu, lukisan, hingga barang kerajinan yang terbuat dari tanaman yang berasal dari eceng gondok. Di pasar tersebut, semua kerajinan dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Pasar Seni Gabusan ini menempai area seluas 4,5 hektar. Dengan area yang sangat luas ini, Pasar tersebut mampu menampung lebih dari 400-an pedagang yang mengisi 16 los yang ada di dalam pasar tersebut. Meskipun pasar ini menampung berbagai macam kerajinan, namun los-los yang terdapat di dalamnya dikelompokkan menurut jenis barang . Pengelompokan berdasarkan jenis barang tersebut memudahkan para pengunjung untuk mencari barang kerajinan yang mereka inginkan.

Di los 1-3 terdapat barang kerajinan yang berbahan baku kulit. Di los ini para pengunjung yang ingin mencari kerajinan yang berbahan baku kulit, mulai dari kulit lembu sampai kulit domba dapat langsung ke los tersebut. Barang kerajinan yang ditawarkan di los ini adalah kaligrafi, dompet, kipas, pembatas buku yang juga terbuat dari kulit,ddl. Di los 4 dan 5 juga merupakan pusat bagi kalian yang menyukai batik. Berbagai motif batik ada di los ini. Ada kemeja batik, kebaya batik, kaos, sprei bed cover, dll. Motif batik yang ada di los ini memadukan unsur-unsur tradisional dan modern. Ada juga topeng dengan beragam karakter dapat di temukan di los 10 ataupun 11. Topeng tersebut terbuat dari kayu, yang dilukis dengan berbagai motif batik yang warna-warni, topeng yang sangat cocok untuk hiasan di ruang tamu rumah kalian. Di los 8 ada berbagai macam barang kerajinan dari bentuk yang sederhana sampai bentuk yang sangat rumit.Mulai dari hiasan meja ruang tamu sampai tempat lipstik.

Pasar Seni Gabusan juga menjual berbagai sepatu dan tas yang terbuat dari kulit. Produk ini biasanya didatangkan dari luar daerah. Produk-produk yang berasal dari luar daerah Bantul justru menambah semarak pasar ini. Pasar Seni Gabusan tidak hanya sekadar tempat untuk menjual dan membeli barang kebutuhan saja, melainkan juga merupakan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bangunan pasar ini mengapresiasikan perpaduan antara bentuk arsitektur tempat berdagang serta kebutuhan akan nilai estetik. Selain itu, arsitektur bangunan pasar ini juga menggabungkan antara unsur modern dan tradisional. Pasar Seni Gabusan tidak hanya diramaikan para pengunjung yang hendak berbelanja saja. Sebab, pihak pengelola pasar tersebut juga meramaikan pasar tersebut dengan berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia. Workshop membatik merupakan salah satu kegiatan andalan dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung Pasar Seni Gabusan tersebut.

Pasar Seni Gabusan juga menyediakan berbagai fasilitas yang juga dapat dimanfaakan oleh para pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain, musholla, tempat parker yang luas, lapangan pasir untuk anak-anak yang mau bermain futsal, wifi, kebutuhan sehari-hari, lavatory, restoran, dll. Jangan bayangankan kondisi Pasar Seni Gabusan ini panas dan kumuh, karena Pasar Gabusan ini sangat terlihat bersih dan megah karena bangunannya yang bagus. Begitu sampai di depan Pasar Gabusan tersebut, Gerbang yang besar , megah , dan menarik akan menyambut kedatangan anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline