Lihat ke Halaman Asli

Meilya Syifa Aghniya Rahman

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Antusiasme Ibu-Ibu Ramaikan Sosialisasi Digital Marketing Desa Masangan Kulon

Diperbarui: 16 Desember 2022   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Sebagai Pemberdayaan Kreativitas Ibu-Ibu RT 45 Desa Masangan Kulon Kabupaten Sidoarjo, dok. pribadi

Sidoarjo – Sebanyak sepuluh orang ibu-ibu PKK berkumpul di Balai RT 45 Desa Masangan Kulon, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo untuk mengikuti “Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui Digital Marketing UMKM RT 45 Desa Masangan Kulon, Sidoarjo”. Kegiatan ini dihelat pada Sabtu (10/12) dengan didampingi oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur atas bimbingan Saifuddin Zuhri, S.Sos, MSi selaku Dosen Mata Kuliah Perilaku Konsumen. 

Sosialisasi ini merupakan bentuk inisiasi mahasiswa atas program inovasi yang telah dilakukan oleh Ibu-Ibu PKK RT 45 sejak tahun 2019 silam. Inovasi ini berupa program pengelolaan sampah warga menjadi produk pupuk, selain itu warga juga menanam tanaman hidroponik, membuat batik, memproduksi makanan, dan lain-lain. Program inovasi RT 45 digagas oleh Indah (49) selaku Ketua PKK RT 45 RW 11 Desa Masangan Kulon, Sidoarjo.

“Tiga tahun yang lalu ada lomba lingkungan tingkat kelurahan, dari situ saya berpikir apa yang tidak dimiliki oleh RT lainnya, munculah ide membuat (tanaman) hidroponik dan mengelola sampah,” ujar Indah saat ditemui usai sosialisai pada Sabtu (10/12).

Kegiatan dibuka oleh mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang mengulas tentang kesulitan yang dirasakan Ibu-Ibu PKK RT 45 selama menjajakan produk buatannya. Selama ini produk buatan Ibu-Ibu PKK RT 45 masih menyasar target tetangga dan warga sekitar saja, bahkan beberapa hanya untuk konsumsi pribadi.

Mahasiswa lantas memberikan penjelasan mengenai pentingnya teknologi untuk memasarkan produk, salah satunya dengan Facebook. Satu per satu Ibu-Ibu PKK RT 45 mempraktikkan cara membuat akun, membuat postingan, bergabung dalam komunitas UMKM, hingga membuat label dengan tujuan memperluas jangkauan pasar produk.

Melalui sosialiasi ini, diharapkan dapat membawa kemajuan terhadap Ibu-Ibu PKK RT 45 sebagai penggiat UMKM daerah. (Meilya Syifa)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline