Lihat ke Halaman Asli

Analisis Dua Baliho dengan Teori Komunikasi Persuasif

Diperbarui: 27 November 2024   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto baliho FODA serum (Sumber: Nice So, Maguwoharjo)/DOK. PRI

Foto baliho Sandal import Nice So (Sumber: Nice So, Maguwoharjo)/DOK. PRI

Nama : Meilly Victoria Aquino

NPM : 230908215

Sumber atau lokasi foto baliho : Toko Nice So cabang Jl. Raya Tajem, Maguwoharjo, Yogyakarta.

Teori yang digunakan :

1. Teori Elaboration dan Likelihood Model (ELM)

2. Teori Kampanye dan Propaganda

Analisis Baliho dengan teori Elaboration Likelihood Model (ELM)

Dalam teori Elaboration Likelihood Model (ELM), terdapat dua jalur persuasi yang dapat digunakan oleh audiens untuk memproses pesan yang diterima, yaitu central route dan peripheral route.  Central route merupakan jalur yang digunakan ketika audiens sangat memperhatikan pesan yang ada. Sedangkan peripheral route merupakan jalur yang digunakan ketika audiens lebih memperhatikan visual dibandingkan isi pesannya. Makna dari pesan persuasif dapat dipahami dengan berbagai cara, tergantung bagaimana audiens memproses pesannya (Kue & Sahertian, 2019)

Baliho sandal import di atas lebih mengarah pada peripheral route. Hal ini dikarenakan terdapat tulisan dengan ukuran besar, tebal, dan sangat mencolok, yaitu tulisan "DISKON 20%" yang dapat menjadi fokus audiens. Dilengkapi elemen visual dari gambar sandal untuk menambah daya tarik. Namun, dari baliho ini tidak ada disampaikan lebih dalam terkait merk atau kualitas dari produk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline