Lihat ke Halaman Asli

Pergantian Kepala BIN, Budi Calonnya?

Diperbarui: 5 September 2016   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Budi Gunawan, komisaris Jendral Polisi tersebut sedang viral diperbincangkan karena disebut-sebut ditunjuk sebagai kepala BIN (Badan Intelijen Negara) oleh Presiden RI Joko Widodo. Presiden telah mengirim surat pengajuan pergantian posisi tersebut kepada pemimpin DPR. Dengan adanya hal ini timbullah pertanyaan, dimana Sutiyoso sehingga harus di geser dari jabatannya? Tentang hal ini di lansir dari kompas.com bahwa presiden telah memberi arahan kepada Sutiyoso mengenai hal tersebut. Dan alasan lainnya yaitu regenerasi karena BIN tersebut tidak memiliki periode.

Ditunjuknya Budi Gunawan sebagai Kepala BIN tersebut menimbulkan pro dan kontra, seperti Menurut Wakil Ketua DPR yaitu Fahri Hamzah, Budi Gunawan pantas ditunjuk sebagai Kepala BIN karena beliau adalah sosok yang cerdas. Sedangkan menurut Kontras yaitu Haris Azhar, Budi Gunawan tidak pantas ditunjuk sebagai Kepala BIN karena beliau pernah masuk dalam daftar kasus korupsi pada tahun 2015 kemarin. Memang, ditunjuknya Budi sebagai Kepala BIN harus melewati tahap seleksi terlebih dahulu, tetapi dapat di mungkinkan bahwa Budi akan menjadi Kepala BIN.

Jika ditelaah lebih mendalam, memang pergantian Kepala BIN ini membuat bingung dengan tanpa adanya alasan yang kuat akan hal tersebut. Hal tersebut dapat menimbulkan efek, efek merupakan suatu akibat dari komunikator kepada komunikan yang berupa umpan balik. Efek yang ditimbulkan dari hal tersebut yaitu membuat masyarakat berpikir bahwa pemerintah kurang selektif karena disini masyarakat banyak mengetahui bahwa Budi Gunawan tersebut pernah terlibat kasus korupsi.

 

Namun walaupun demikian, masyarakat berharap jika memang Budi Gunawan lulus dalam tahap seleksi dan menjadi Kepala BIN yang baru, semoga Budi dapat memegang amanah dan memiliki kinerja yang baik.

 

Daftar pustaka

Kuwado, Fabian http://nasional.kompas.com/read/2016/09/03/06281671/jika.budi.gunawan.kepala.bin.ke.mana.sutiyoso.dan.siapa.wakapolri  3 September 2016

Ihsanuddin https://www.google.co.id/amp/nasional.kompas.com/amp/read/2016/09/02/13482551/.keunggulan.budi.gunawan.dimana.sehingga.jadi.kepala.bin.?client=safari  2 September 2016

 

Nama                       :  Meiliza Varsila

Nim                          :  07031181520031

Kelas                        :  Ilmu Komunikasi (Kelas A)

Kampus                   :  Universitas Sriwijaya (Indralaya)

Dosen Pembimbing : Nur Aslamiah Supli, BIAM., M.Sc




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline