Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Manajemen Keuangan Pribadi

Diperbarui: 20 Agustus 2024   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Setiap orang berusaha bekerja keras untuk menghasilkan uang.menurut A.C. Pigou (1949) uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar.namun manakah yang lebih penting menghasilkan uang atau manajemen keuangan?. Banyak orang hanya fokus pada bekerja dan menghasilkan banyak uang,namun belum memahami bagaimana cara mengatur uang yang kita dapatkan.

Kadangkala kita mendapati sudah kehabisan uang diakhir bulan tanpa sadar kemana saja pengeluaran tersebut kita gunakan, untuk itulah pentingnya memanajemen keuangan.Manajemen keuangan pribadi adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya (money) dari unit individual / rumah tangga (Gitman 2002). Dalam proses pengelolaan uang tersebut tidak mudah mengaplikasikanya karena ada beberapa langkah yang harus diikuti.Dengan mengetahui manajemen keuangan pribadi merupakan langkah awal untuk aplikasi yang tepat ketika mengelola keuangan pribadi.Hal ini didasari alas an bahwa kita harus berpikir dahuu sebelum bertindak. 

Dengan   adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka seseorang tidak  akan terjebak pada perilaku untuk memenuhikeinginan yang tidak terbatas (Falahati dan Paim, 2011). Manajemen  keuangan  pribadi  merupakan salah  satu hal  yang  penting,  mampu untuk  membuat  seseorang  menggunakan  uang  dengan  bijak  memberikan  manfaat  pada perekonomian  seperti  mendorong  para  produsen  untuk  membuat  produk  dan  jasa  yang sesuai dengan kebutuhan mereka (Kholilah dan Iramani, 2013). 

Seseorang dapat dikatakan memiliki manajemen keuangan pribadi yang apabila seseorang tersebut mampu mengelola anggaran,    menghemat uang, mengontrol keuangan dan  berinvestasi. Komponen pengelolaan  keuangan  yang  baik  ada  lima,  yaitu  (1)  mengontrol  keuangan,  (2)  membayar tagihan tepat waktu, (3) merencanakan keuangan untuk masa depan, (4) menabung, dan (5) dapat mencukupi kebutuhan diri sendiri (Perry dan Morris, 2005).

Kebanyakan    orang    mengembangkan    pola    perilaku    keuangannya    melalui pengalaman  dan  kesalahan  di  masa  lalu.  Mereka  mengharapkan  kesuksesan  keuangan dimasa depan akan tetapi kurang memiliki tujuan yang jelas. Meskipun beberapa individu mempunyai  catatan  keuangan,  mereka  cenderung  memiliki  catatan  yang  buruk  dan  sulit dipahami,  serta  pengambilan  keputusan  yang  tidak  jelas  akibat  kurangnya  pemaham terhadap  kondisi  ekonomi  dan  kondisi  keuangan  mereka,  oleh  sebab  itu  perencanaan keuangan yang jelas menjadi sangat penting (Garman dan Forgue, 2012:28).Berikut ini beberapa contoh dam inplementasi manajemen keuangan pribadi:

  • Pembuatan anggaran
  • Pengertian menentukan alokasi uang untuk kebutuhan pokok seperti makan, tagihan, transportasi
  • Menabung
  • menyisihkan sebagian uang secara rutin untuk keperluan mendesak atau masa depan
  • Pengurangan utang
  • melakukan pembayaran cicilan secara teratur untuk mengurangi utang yang dimiliki
  • Investasi
  • Mengalokasikan sebagian uang untuk investasi jangka panjang seperti saham,atau property
  • Dana darurat
  • Memiliki dana darurat untuk mempersiapkan diri dan keluarga dari kejadian tak terduga

Mengelola keuangan pribadi dengan baik tidak hanya menguntungkan secara finensial,tetapi juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan keseluruhan dalam kehidupan sehari hari. Denagn perencanaan yang tepat,setiap individu dapat mencapai tujuan keuangan mereka dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline