Lihat ke Halaman Asli

Meilia NurLathifah

Mahasiswa FKM Undip

Penerapan Manajemen dalam Pelaksanaan Posyandu Balita

Diperbarui: 20 Desember 2022   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Manajemen adalah ilmu dalam mengatur proses pemanfaatan sumber daya dalam sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Penerapan manajemen dalam pelaksanaan posyandu merupakan penerapan prinsip-prinsip dari manajemen agar pelaksanaan posyandu dapat berjalan dengan efektif dan efisien guna mencapai tujuan dari pelaksanaan posyandu. Prinsip atau tahap dari manajemen di posyandu yaitu:

1. Perencanaan, perencanaan menjadi fungsi yang paling penting dalam tahapan manajemen. Perencanaan merupakan proses untuk menentukan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, menetapkan tujuan program, dan menyusun rencana kerja. Dalam pelaksanaan posyandu perencanaan dilakukan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana, membuat rencana kerja mulai dari sebelum pelaksanaan posyandu, saat pelaksanaan posyandu, hingga saat posyandu telah selesai. 

2. Pengorganisasian, adalah proses pembagian tugas kepada seluruh sumber daya manusia yang ada. Dalam hal ini pengorganisasian kader diperlukan dalam pelaksanaan posyandu. Dengan membagi tugas kader sesuai fungsi dan tugasnya masing-masing, pelaksanaan posyandu dapat berjalan dengan efektif.

3. Pelaksanaan, adalah bentuk realisasi dari rencana kerja yang sudah dibuat dengan menggerakkan sumber daya sesuai tugas dan fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini bentuk dari tahap pelaksanaan yaitu pelaksanaan posyandu setiap bulannya.

4. Pengawasan, adalah bentuk penilaian standar keberhasilan program yang telah dibuat dalam rencana dan disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Pengawasan ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari pelayanan yang diberikan posyandu.

5. Evaluasi, adalah tahap terakhir dalam proses manajemen. Tujuannya yaitu untuk mengoreksi atau memperbaiki fungsi yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

Mahasiswa MBKM FKM UNDIP 2022 memberikan edukasi kepada kader posyandu balita dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader di posyandu balita terhadap manajemen, proses, tahap, dan penerapannya dalam pelaksanaan posyandu agar pelaksanaan posyandu dapat berjalan dengan efektif dan efisien.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline