Lihat ke Halaman Asli

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

Diperbarui: 21 November 2022   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

REFLEKSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN 4 P

Oleh :

Meilia Arifianti, S. Pd.

 

1. PERISTIWA

Momen paling penting dan mencerahkan diri saya pada modul 1.1 adalah ketika saya mempelajari dan memahami tentang filosofi pemikiran KHD. Dalam modul tersebut dikatakan bahwa tugas guru adalah menuntun kodrat yang ada pada diri anak, sehingga sebagai manusia dan anggota masyarakat anak nantinya dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sedangkan pada modul 1.2 saya mempelajari tentang nilai dan peran guru penggerak yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2

Pada modul 1.1 mempelajari tentang filosofi pemikiran KHD, yaitu bahwa tugas guru adalah menuntun segala kodrat yang ada pada diri anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Hal ini sangat selaras dengan nilai yang ada pada modul 1.2, yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid yang merupakan salah satu nilai dari guru penggerak.

2. PERASAAN

Ketika mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, perasaan saya sangat senang dan bangga. Saya merasa senang karena mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru tentang filosofi pemikiran KHD serta nilai dan peran guru penggerak, selain itu perasaan saya adalah sangat bangga karena kesempatan pendidikan ini hanya untuk orang-orang yang mau berubah kearah yang lebih baik dan tidak semua orang bisa mendapatkannya.

3. PEMBELAJARAN

Banyak hal yang harus saya perbaiki dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru. Diantaranya adalah sebagai penuntun yang memahami bahwa setiap anak memiliki karakteristik dan cara belajar  yang berbeda. Dalam proses menuntun ini saya harus mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak, agar tercapai tujuan pendidikan yaitu menumbuhkan profil pelajar pancasila. Selama ini saya juga kurang berkolaborasi dengan rekan sesama guru, padahal dengan berkolaborasi dengan rekan sesame dapat menyelesaikan permasalahan tentang hambatan belajar yang dialami oleh anak didik saya.

4. PENERAPAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline