Lihat ke Halaman Asli

Kesimpulan dan Refleksi Filosofi Pemikiran KHD Modul 1.1.a.8

Diperbarui: 7 November 2022   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Koneksi Antar Materi Modul 1.1.a.8

Kesimpulan dan Refleksi

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb...

Salam dan Bahagia..

Salam Guru Penggerak...

Perkenalkan nama saya Meilia Arifianti, S. Pd. Saya adalah calon guru penggerak angkatan 7 dari SMP Negeri 3 Jepara. Saya akan akan menyampaikan kesimpulan dan refleksi terhadap materi pada modul 1.1 tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara memberikan pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.

Refleksi

  1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?
  • Pembelajaran yang saya lakukan di kelas adalah proses transfer ilmu, jadi peran saya sebagai guru sangat dominan dan belum mengutamakan keaktivan murid.
  • Saya selalu berusaha untuk mengejar materi harus selesai dengan target yang saya buat, dan mengesampingkan kemampuan siswa yang heterogen.
  • Saya menganggap siswa tidak akan paham kalau materi pelajaran tidak saya jelaskan.
  • Saya merasa bahwa diri saya berhasil mengajar ketika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu
  • Saya sering mengeluh dengan rekan sejawat ketika ada murid mendapatkan nilai rendah atau tidak pernah mengerjakan tugas yang saya berikan karena menurut saya tugas itu sangat mudah dan sederhana
  • Saya berpikir bahwa murid harus mencapai KKTP

  1. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
  • Tunjuan dari pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya
  • Sebagai seorang pendidik kita harus memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman
  • Siswa bukan lagi sebagai objek melainkan subjek dari pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran harus berpusat pada anak
  • Guru harus senantiasa memberikan teladan yang baik bagi siswa-siswanya dalam mengembangkan budi pekerti. Kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan pembiasaan di sekolah untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti/akhlak mulia kepada anak.

  1. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Yang segera dapat saya terapkan dari pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah menghilangkan pemberian hukuman kepada anak, lebih sabar dalam membimbing dan mendidil, mengenali lebih dalam karakter dan latar belakang siswa (keluarga/lingkungan) dengan menjalin komunikasi dengan orang tuanya, hal ini bisa dilakukan dengan kunjungan rumah atau home visit. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas melalui pemilihan media pembelajaran yang bervariasi baik berupa gambar, video maupun audio, atau pembelajaran yang berbasis permainan (game).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline