PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK
PENULIS :
Meilani Putri
Program Studi Pendidikan Sosiologi,
Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta
Meilanip689@gmail.com
ABSTRAK
Media sosial saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sebagian orang tidak dapat menjalaninya tanpa itu. Salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2020 saat ini adalah TikTok dan mereka mengubahnyagame di media sosial dengan video berdurasi 15-60. Tak heran jika dampaknya berlipat ganda sektor sektor di dunia. Namun apakah TikTok bisa beroperasi di sektor pendidikan? Pada artikel ini, penulis akan melakukannya menganalisis perilaku Generasi Z terhadap TikTok yang digunakan sebagai media edukasi dan aktivisme. Itu metode intervensi yang digunakan dalam artikel ini adalah dengan tinjauan pustaka. Hasil ditemukan bahwa TikTok bisa digunakan sebagai bentuk pendidikan informal dan aktivisme digital. Pendidikan informal, ditemukan bahwa Model pembelajaran dan kebijakan diperlukan agar dapat berdampak pada kegiatan.