Lihat ke Halaman Asli

Meike Juliana Matthes

Mencintai alam, budaya, dunia literasi, dan olahraga

PERKI-Indonesia Stuttgart dalam Hari Gereja Sedunia di Jerman

Diperbarui: 22 Mei 2024   01:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Hari Gereja Sedunia di Stifkirche dan penampilan Vocal grup PERKI. (Dokumentasi Pribadi)

"Bruecken statt Mauern" yang bisa diterjemahkan "membangun jembatan pengganti tembok" adalah tema Hari Gereja Sedunia di negara bagian Baden-Wuerttemberg, Jerman.

Stuttgart, 20 Mei 2024. Ada yang istimewa terlihat di Johannes-Brenz-Platz dan Stifstrasse yaitu jalan dimana Stifkirche terletak. 

Stifkirche adalah gereja yang dianggap sebagai Gereja Pusat Protestan di negara bagian Baden-Wuerttemberg. Gereja ini berasal dari abad ke-10 atau 11M. Tidak diketahui tanggal pasti pembangunannya, namun baru pada tahun 1240 diubah menjadi gereja megah.

Banyak tenda atau paviliun yang terletak di halaman gereja. Semuanya berdekorasi ber-ragam budaya dari berbagai bangsa. Orang-orang pun berbicara dalam banyak bahasa. Ini menjadi suatu pemandangan akan kekayaan dunia yang begitu mengagumkan.

Hari ini adalah Pfingstmontag atau Senin Pentakosta yang di Jerman diperingati sebagai Tag der weltweiten Kirche atau Hari Gereja Sedunia. Ini adalah hari bagi seluruh solidaritas Kristen di seluruh dunia.

Hari Pentakosta dipercaya oleh umat Kristiani sebagai Hari Ketuangan Roh Kudus. Hari yang disebut sebagai hari lahir gereja mula-mula. Di Jerman Hari Pentakosta dirayakan 2 hari: Minggu (Pfingstsonntag) dan Senin (Pfingstmontag).

Vocal grup PERKI dalam Hari Gereja Sedunia di Stifkirche. (Dokumentasi Pribadi)

Pada Hari Pentakosta, umat Kristiani bersyukur karena Roh Kudus atau Roh Kebenaran yaitu Roh yang berasal dari Tuhan diberikan kepada semua orang, tidak peduli bahasa apa yang mereka gunakan atau dari mana mereka berasal.

Di Jerman untuk negara bagian Baden-Wuerttemberg, Konvensi Internasional Komunitas Kristen di Baden-Wuerttemberg telah menyelenggarakan Hari Gereja Sedunia di dalam dan sekitar kolegiat Stuttgart sejak tahun 2006.

Ini dirayakan dengan kebaktian gereja internasional. Komunitas-komunitas Kristen dari berbagai negara turut memeriahkan perayaan ini dengan memperkenalkan diri dan dari mana mereka berasal lewat stand-stand yang menyediakan aneka kuliner, musik, dan pakaian tradisional. Ada sekitar 24 komunitas Kristen dari bebagai latar bangsa turut ambil bagian dalam perayaan kali ini.

Pada perayaan ini, PERKI Stuttgart mendapat kehormatan berupa undangan istimewa untuk membawakan puji-pujian atau persembahan lagu dalam ibadah internasional. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline