Lihat ke Halaman Asli

Meidy Y. Tinangon

Komisioner KPU Sulut | Penikmat Literasi | Verba Volant, Scripta Manent (kata-kata terbang, tulisan abadi)

Lidah Mertua, Tajam tetapi Indah dan Bermanfaat

Diperbarui: 14 Januari 2021   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Mertua" (istockphoto via foxnews.com) 

"...Paling sebel sama calon mertua, berpacaran selalu diawasinya... Paling bandel itu calon mertua, sudah malem tak mau tidur juga..." Demikian penggalan lirik lagu karya Bimbo berjudul "Calon Mertua". 

Mertua, memang berpengaruh penting sejak sepasang kekasih berpacaran hingga menikah. Salah satu yang dikuatirkan dari mertua adalah "lidah mertua" atau ucapannya yang tajam. 

Tapi, kali ini kita tidak akan membahas lidah mertua yang sesungguhnya. Kita akan membahas Lidah Mertua, sebuah tanaman hias 2021  yang diprediksi bakalan viral dan tren bagi penggemar tanaman hias 2021.

lidah mertua (shutterstock via kompas.com)

Lidah Mertua atau Sansevieria dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Setajam silet wkwkwk. Sorry, becanda. Sekali lagi kita tidak sedang menggosipkan mertua.  

Lidah Mertua beda dengan Lidah Buaya. Dalam ilmu tatanama dan klasifikasi tumbuhan (Taksonomi), Lidah Mertua dikelompokan dalam family agavaceae dan genus sansevie, sedangkan Lidah Buaya masuk family asphodelaceae dan genus aloe. (1) 

Mengapa  Lidah  Mertua diprediksi bakal ngetren dan viral di tahun 2021? 

Tahun 2021, pandemi belum usai. Mengurung diri di rumah atau bekerja dari rumah (work from home) menjadi pilihan. Otomatis membuat waktu di rumah lebih banyak. Jangka waktu panjang di rumah, seperti tahun yang lalu menyebabkan adanya waktu untuk menghidupkan hobi lama seperti memelihara tanaman hias. Banyak juga yang akan ketularan hobi ini dan menjadikannya sebagai hobi baru.

Nah, bagi pendatang baru di dunia tanaman hias, tentu saja akan lebih baik memilih tanaman dengan perawatan yang sederhana dan tingkat adaptasi yang luas terhadap kondisi lingkungan. Di samping itu, penggemar tanaman hias akan melihat aspek manfaat. Dilihat dari aspek perawatan dan adaptasi serta manfaat maka Lidah Mertua menjadi salah satu alternatif.

Melansir  House Beautiful, Minggu (27/12/2020), Kompas.com menguraikan bahwa perusahaan penjualan bunga dan tanaman hias Flower Card  telah melakukan riset terhadap tanaman hias yang populer pada tahun 2020 dan tetap akan populer di tahun 2021 mendatang, di mana salah satunya adalah snake plant alias sansevieria atau lidah mertua. (2)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline