Lihat ke Halaman Asli

Meidiana Eka

Mahasiswa

Tim KKN UM Mengadakan Pelatihan Pengolahan Rempah Hasil Kebun

Diperbarui: 7 Juli 2021   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Dokumentasi Tim KKN UM Dengan Ibu-Ibu PKK Desa Pucangsongo

COVID-19 atau yang biasa dikenal dengan virus Corona merupakan virus yang menular dari manusia ke manusia yang mampu menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak anak, orang dewasa termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan China pada akhir desember 2019 dan telah menyebar ke hampir semua negara termasuk Indonesia.

Oleh karena itu ditengah masa Pandemi seperti ini sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga Imunitas tubuh dan kesehatan tubuh kita. Kita bisa memulai dengan cara menjaga pola hidup sehat seperti selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak ketika berada di keramaian, dan juga menjaga pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi makanan makanan yang sehat dan bergizi. Tidak lupa juga untuk selalu minum vitamin serta mengkonsumsi minuman herbal menjadi salah satu cara untuk meningkatkan Imunitas tubuh kita.

Foto Dokumentasi TIM KKN UM dan Bu susan sebagai Narasumber Pelatihan Pembuatan Minuman herbal

Minuman herbal adalah suatu minuman yang terbuat dari bahan bahan alami yaitu rempah rempah. Dan seperti yang kita ketahui Desa pucangsongo merupakan desa penghasil sayur terbanyak dan rempah rempah yang mana jika warga sekitar mampu mengelola dengan baik maka akan meningkatkan harga jual yang tinggi di pasaran. Seperti contohnya meningkatkan harga jual rempah rempah menjadi sebuah jamu atau minuman herbal yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan Imunitas tubuh kita.

Dalam hal ini bahan bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan seperti jahe, serei, secang, lemon, gula aren, dan kunyit. Cara pembuatan nya juga sangat mudah dan tidak memakan waktu yang cukup lama. Kita hanya perlu membersihkan bahan dari kulit, kemudian dicuci dan diiris melintang, lalu tinggal memasukan ke air yang mendidih. Untuk semua bahan dimasukan setelah air mendidih, kecuali lemon yang hanya dikasih peresan setelah semuanya matang. Minuman herbal ini adalah produk asli dari salah warga desa pucangsongo, yakni Ibu Susana. Beliau berkata bahwa minuman ini sebenarnya adalah minuman keluarga yang sudah turun temurun untuk menjaga imunitas tubuh. Ibu Susana berharap minuman ini bisa bersaing secara sehat dengan minuman herbal lainnya serta menjadi produk unggulan Desa Pucangsongo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline