Lihat ke Halaman Asli

Meida Hayundaning Pratiwi

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Bantu Meningkatkan Pemasaran Secara Online UMKM Kerajinan Ukir Kayu Semarak

Diperbarui: 2 Maret 2022   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemanfaatan digital marketing (shopee) oleh mahasiswa KKNT Kelompok 3 UNIPMA bantu meningkatkan pemasaran secara online pada UMKM Kerajinan Ukir Kayu Semarak

10 Februari 2022, Kerajinan Ukir Kayu Semarak merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di desa Durenan Kabupaten Madiun. Pemiliknya bernama Pak Jaidi asli warga Durenan, tidak hanya ukiran saja tetapi Pak Jaidi juga memproduksi seperti asbak, vas bunga atau bisa memproduksi sesuai pesanan.

Setelah dilakukan kegiatan eksplorasi melalui wawancara kepada pemilik, KKN T UNIPMA Kelompok 03 memiliki beberapa inovasi dalam mengembangkan UMKM Kerajinan Ukir Kayu Semarak salah satunya ialah inovasi mengembangkan Digital Marketing Usaha. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah sebagai bahan observasi yang berguna untuk membantu pelaku UMKM dalam hal memasarkan Produknya.

Dokpri


Tujuan dari Program Kerja UMKM ini tentunya untuk membantu pelaku UMKM dalam hal memasarkan Produk. Bantuan yang diberikan yaitu berupa teknologi digital marketing, melalui internet seperti E-Commerce dan media sosial. Penggunaan aplikasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta penghasilan yang akan diperoleh UMKM Kerajinan Ukir Kayu Semarak Desa Durenan. Strategi yang akan diterapkan dalam melaksanakan konsep digitalisasi marketing.

Strategi yang dilakukan yaitu dengan membuat akun Shopee khusus untuk memasarkan produk tersebut. Kami juga mempromosikan hasil foto produk pada akun Shopee yang berguna memperluas jangkauan serta meningkatkan omset penjual. Memberikan deskripsi produk lengkap dan jelas seperti bahan, ukuran, harga, alamat dan sebagainya. Untuk memudahkan pemesanan produk secara online. 

Dengan adanya program digitalisasi marketing, tim KKN T Kelompok 03 Unipma berharap dapat membantu Pak Jaidi (pemilik) Kerajinan Ukir Kayu Semarak dalam meningkatkan penjualan produk yang sudah lama diproduksi dan menjadi UMKM yang lebih berkembang dan maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline