Lihat ke Halaman Asli

AMegieCung

Teknik Industri

Berinvestasi di Masa Pandemi Covid-19, Siapa Takut?

Diperbarui: 4 Juni 2020   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: bca.co.id

Oleh: A. Megie Cung, Abed Nego, dan Wenny Angeliana

Mahasiswa Teknik Industri

Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Seperti yang kita ketahui, wabah pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan, tak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga secara tidak langsung membuat keadaan perekonomian dan pasar modal dunia merosot jauh. Menanggapi hal tersebut, banyak perusahaan-perusahaan dan investor-investor, baik yang bermain dalam skala besar maupun kecil, mulai mengalihkan dana mereka ke investasi-investasi yang lebih aman dan memberikan keuntungan yang besar. Bahkan mayarakat awam mulai melakukan kegiatan investasi yang menjanjikan demi menanggulangi dampak buruk dari pandemi Covid-19 terhadap perekonomian mereka sendiri.

Investasi merupakan aktivitas pennaman dana pada suatu hal untuk dikembangkan dengan harapan pada jangka waktu yang telah ditentukan di masa depan akan memperoleh profit secara finansial. Bagi sebagian perusahaan poduksi, investasi artinya membeli barang sebagai modal untuk produksi, dimana hasil produksi tersebut diharapkan dapat memberikan laba atau timbal balik bagi perusahaan. Kegiatan investasi saat ini tidak hanya dilakukan oleh mereka yang berpenghasilan besar, namun juga bisa dilakukan oleh mreka yang berpenghasilan kecil, bahkan mahasiswa atau anak sekolah sekalipun. Karena di masa serba teknologi ini sudah banyak yang menawarkan solusi investasi digital melalui berbagai macam aplikasi.

Namun di tengah kondisi yang saat ini sedang memburuk, pastinya sebagian besar investasi digital sudah diragukan kejujurannya karena masyarakat sedang berada dalam krisis ekonomi yang akan mengkibatkan mereka menghalalkan segala cara untuk menunjang perekonominnya, termasuk cyber crime dengn motif penipuan. Maka dari itu, banyak di antara mereka yang mengalihkan dana investasinya ke investasi yang lebih aman dan terjangkau. Berikut dijelaskan beberapa jenis investasi yang termasuk dalam investasi jangka panjang dan memberikan profit menjanjikan, serta mudah dan aman dilakukan, bahkan untuk masyarakat awam sekalipun di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

1. Investasi Emas

Sumber: tirto.id

Investasi emas sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat karena kemudahan dan likuiditas yang ditawarkan oleh investasi itu sendiri. Bentuk emas yang seringkali dijadikan investasi adalah perhiasan, bar, dan koin.

Berdasarkan beberapa referensi, emas "kebal" terhadap inflasi dan guncangan ekonomi seperti yang sedang terjadi saat ini. Jadi, berbahagialah kalian yang sudah berinvestasi terlebih dahulu sebelum pandemi ini, karena harga emas malah semakin naik ketika terjadi ketidakstabilan ekonomi. Dengan likuiditas yang tinggi membuat emas sangat mudah untuk dijual kapan saja ketika membutuhkan dana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline