Lihat ke Halaman Asli

Megawati Sorek

Guru SDN 003 Sorek Satu Pangkalan Kuras Pelalawan Riau

Salat Khusyuk dan Berbuka Jangan Kekenyangan

Diperbarui: 3 April 2023   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri : Koleksi Megawati Sorek Putrinya belajar salat

Sebagai umat muslim yang beriman kita melaksanakan salat lima waktu dan kadang menambah dengan amalan salat sunat. Pertanyaannya adalah sudahkah kita salat dengan khusyuk. Dalam Al-Quran pada surah Al-Baqarah 45-46 yang artinya berbunyi

"Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', yaitu orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."

Khusyuk berkaitan dengan hati, konsentrasi dan keseimbangan seperti kenikmatan berdialog dengan Tuhan dan meresapi makna dari bacaan yang ia ucapkan. Kita mungkin tidak melihat Allah tetapi bisa merasakan Allah ada dan memperhatikan perbuatan raga dan batin kita.

Ada beberapa faktor yang menganggu khusyuknya salat kita di antaranya adalah :

1. Was-Was

Perasaan ini berupa keragu-raguan  biasanya kita mengulang-ulang takbiratul ikram. Setan sengaja menghadirkan perasaan ini agar kita terlambat mengikuti imam, dan menjadi asal-asalan. Hal itu juga menganggu rekannya yang di samping karena ia mengulang-ulang takbiratul ikram.

2. Membaca Bacaan Salat Tanpa Menghayati Bacaannya

Mulutnya hanya berkomat-kamit membaca bacaan salat yang berlalu begitu saja.

3. Tidak Ingat Jumlah Rakaat ke Berapa

Setan akan melayangkan pikiran manusia ke berbagai hal. Sampai ke khayalan dan sebagainya. Kesibukkan dunia yang luar biasa seakan salat begitu menyita waktu pelaksanaannya. Pikiran akan merencanakan apa-apa saja yang akan dikerjakan setelah selesai salat nanti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline