Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Batuk Efektif

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

BATUK EFEKTIF

Batuk efektif merupakan batuk yang dilakukan dengan sengaja.Namun dibandingkan dengan batuk biasa yang bersifat refleks tubuh terhadap masuknya benda asing dalam saluran pernafasan.Batuk efektif dilakukan melalui gerakan terencana atau dilatih terlebih dahulu.Dengan batuk efektif maka berbagai penghalang yang menghambat atau menutup saluran pernafasan dapat dihilangkan.

Adapun manfaat batuk efektif yaitu untuk mengeluarkan secret yang menyumbat jalannya nafas,untuk memperingan keluhan saat terjadi sesak nafas.

Cara batuk efektif sebaiknya minum air hangat terlebih dahulu agar mengencerkan dahak kemudian tarik nafas dalam 4-5 kali,pada tarikan nafas selanjutnya nafas ditahan selama 1-2 detik,kemudian angkat bahu dan dada dilonggarkan serta batukan dengan kuat.

Kegunaan latihan nafas dalam untuk mengurangi rasa nyeri dengan posisi duduk atau setengah duduk dengan lutut ditekuk dan perut tidak boleh tegang,letakan tangan diatas perut hirup udara sebanyak banyaknya dengan menggunakan hidung dalam kondisi mulut tertutup rapat kemudian tahan nafas beberapa saat minimal 3-5 detik dan udara dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui mulut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline