Lihat ke Halaman Asli

Mega Lugita

ARTIKEL DAN OPINI

Digitalisasi UMKM untuk Keberdayaan Masyarakat

Diperbarui: 4 Oktober 2021   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Indralaya Ogan Ilir- Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya menggelar kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu 25 September 2021

Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya, dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Sriwijaya sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sekretaris Desa Burai, menyampaikan bahwa peserta dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Burai khususnya para pengrajin songket yang tergabung dalam Usaha Rumahan atau UMKM Desa Burai, sebagaimana yang disampaikan "bahwa masyarakat di sini sebagian besar mempunyai usaha rumahan baik itu tenun songket, kerupuk kemplang dan usaha kecil lainnya" . (Bapak Aryanto, Sekdes Desa Burai).

Selain itu kegiatan ini menurutnya sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Burai, terlebih saat ini Desa Burai merupakan desa Wisata tepatnya Desa Ekowisata, dengan adanya pengabdian ini tentu akan membantu dan memberikan dampak kepada masyarakat Desa Burai baik pengetahuan dan keterampilan yang diberikan. Kemudian dengan adanya pengabdian ini, secara tidak langsung membantu juga mempromosikan Desa Burai sebagai Desa Wisata kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Univeristas Sriwijaya, Evy Ratna Kartika Waty menyatakan bahwa untuk mendukung kemajuan dan keberdayaan masyarakat melalui UMKM ini terutama para pengrajin Songket di Desa Burai perlu adanya terobosan seperti pemasaran dengan media online atau berbasis online, sehingga dapat dilakukan dimana saja, kapan saja sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk keberdayaan masyarakat dan UMKM di Indonesia Umumnya.

"Semoga dengan adanya Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dapat memotivasi semua pelaku UMKM dan tidak berhenti sampai di sini saja, akan tetapi kedepan kita dapat bekerjasama melalui berbagai aktivitas pembinaan lainnya".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline