Lihat ke Halaman Asli

KKN Mandiri dengan Membantu Melaksanakan Kegiatan Vaksinasi di Kelurahan Joho

Diperbarui: 11 September 2021   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Potensi Desa di Saat Pandemi". Mega Lestari, dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Dosen Nur Ani, SKM., M.KKK. Melaksanakan kegiatan KKN berupa membantu pelaksanaan vaksinasi di kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat 10 September 2021.

Vaksin adalah "senjata" biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu. Meski dibuat dari mikroba alias bibit penyakit, Anda tidak perlu meragukan keamanannya. Pasalnya, seperti dijelaskan di atas, mikroba dalam vaksin adalah bentuk yang sudah lemah atau mati sehingga tak akan menyebabkan penyakit itu sendiri di dalam tubuh manusia.

Cara kerja vaksin adalah dengan meniru terjadinya infeksi penyakit itu sendiri. Ketika vaksin disuntikkan atau diteteskan, sistem imun akan menganggap vaksin sebagai organisme asing yang akan menyerang tubuh. Sistem imun akan mengirimkan sel khusus untuk memberantas vaksin. Dari situ, sistem imun akan mengingat alias membentuk memori atas kejadian tersebut. Hasilnya, sistem imun akan selalu bersiap atas serangan penyakit sebenarnya karena sudah "ingat" organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. Pemberian vaksin akan menurunkan risiko orang-orang terserang penyakit.

Dokpri

Mahasiswa KKN Mandiri membantu kegiatan Vaksinasi yang diikuti warga kelurahan Joho. Vaksinasi dosis pertama yang ditujukan oleh warga lansia maupun masyarakat umum dengan menyediakan kurang lebih 400 dosis vaksin. Pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara tertib untuk menghindari penyebaran virus di masa pandemi ini. (Mega Lestari, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline