Lihat ke Halaman Asli

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Buah sirsak merupakan buah yang jarang dikonsumsi oleh sebagian orang. Kebanyakan orang tidak mengetahui ada segudang manfaat dari buah sirsak yang sangat menguntungkan bagi tubuh kita. Sirsak, umumnya hanya dikonsumsi sebagai buah biasa yang hanya dijadikan sekedar jus yang menyegarkan dan buah pencuci mulut saja. Tanpa disadari, sirsak memiliki banyak kandungan senyawa kimia dan nilai gizi yang cukup lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kualitas kesehatan akan fungsi organ tubuh beserta komponennya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Sirsak diperkaya dengan kandungan karbohidrat, terutama fruktosa atau gula anggur. Komponen nongizi sirsak diantaranya serat pangan (dietary fiber) yaitu mencapai 3,3 g/100g daging buah. Kandungan gizi lain yang juga terkandung di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin B2, serta vitamin lainnya. Biji sirsak mengandung racun, oleh karena itu biji hanya dimanfaatkan sebagai obat insektisida alami atau pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman. Namun banyak manfaat lain yang didapat dari sirsak dimana hampir semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan dan dimanfaatkan sedemikian rupa untuk pengobatan.

Mengonsumsi 100 gram daging buah sirsak dapat memenuhi 13 % kebutuhan serat pangan sehari-hari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Sirsak dapat pula digunakan sebagai obat terapi, antara lain untuk terapi pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Sebagai contoh, daun dari sirsak ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kanker. Sejak 1976, sirsak telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium Independence yang berbeda. Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif terutama untuk sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini mampu :
1. Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, mencegah rambut rontok, seperti yang terjadi pada pengobatan kemoterapi.
2. Melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari infeksi yang mematikan.
3. Energi meningkat dan penampilan membaik.
4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan sebagainya.

Penyakit lain yang dapat diobati oleh sirsak adalah ambeien, sakit kandung kemih, bayi mencret, anyang-anyangan, sakit pinggang, bisul, liver, eksim dan rematik. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), Dr. Hardhi menyatakan bahwa dalam buah sirsak terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Uniknya, tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yang bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker. Setelah mengetahui manfaat dari buah sirsak, diharapkan buah sirsak dapat menjadi salah satu buah yang diprioritaskan sebagai pangan sehat bagi masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline