Lihat ke Halaman Asli

Kebahagiaan dan Keberhasilan Tanpa Emosi

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Emosi adalah kekuatan besar yang bisa menggerakkan hidup kita ke arah kebahagiaan dan keberhasilan. Tapi tanpa pengendalian, emosijuga bisa merusak kualitas kehidupan kita.

Perasaan-perasaan yang dialami umumnya bersumber dari pikiran. Ketika pikiran negatif, perasaan cenderung negatif, dan sebaliknya pula. Ketika pikiran positif maka perasaan pun positif. Terbukti sudah pikiran kita mempengaruhi kehidupan kita.

Hidupkanlah perasaan-perasaanyang menyenangkan sesering mungkin, termasuk untuk hal-hal yang kita inginkan terjadi. Misalnya gembira ketika kelak akan diwisuda, ketika bertemu dengan sang pujaan hati, ketika kita mendapatkan pencapaian maksimal dalam bisnis, dan sebagainya. Tetapi kita harus berusaha juga dan pengendalian perasaan emosi kita secara baik agar hasil yang dicapai sesuai dengan keinginan.

Jangan lupa mengucap syukur dalam segala keaadan. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline