Belajar merupakan sebuah perubahan yang terjadi dalam diri manusia, tidak hanya sekedar dari tidak tahu menjadi tahu namun juga menciptakan perubahan perilaku. Sebagai seorang pendidik, kita harus bisa membantu peserta didik agar dapat mengalami peristiwa belajar itu.
Robert M Gagne merupakan seorang psikolog pendidikan yang mempercayai bahwa proses belajar yang terjadi dalam setiap orang itu berbeda. Beliau menciptakan strategi yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran (baik daring atau luring) agar tercipta proses belajar yang lebih berkualitas.
Dikenal dengan 9 Events of Instruction, ini merupakan strategi yang sistematis dengan pendekatan behavior dan berfokus pada hasil. Dengan menerapkan 9 events of instruction ini, peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna.
Gain Attention
Ambil perhatian peserta didik dengan memberikan pantun jenaka, cerita yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
Inform Learner of Objectives
Berikan penjelasan mengenai tujuan yang akan dicapai, dan pastikan peserta paham MENGAPA mereka harus mempelajari materi tersebut dan ikut aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.
Present Stimulus Material
Gunakan strategi agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dengan menyusun konten yang mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan.
Provide Learner Guidance