Lihat ke Halaman Asli

Mega RestiLia

Mahasiswa Psikologi Universitas Sebelas Maret

Strategi Pemasaran Wirausahawan Pemula

Diperbarui: 15 Desember 2021   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   https://cdn.pixabay.com/

Sadar tidak jika belakangan ini banyak bermunculan usaha atau bisnis yang dijalankan secara perorangan maupun kelompok? Hal itu tentunya membuat persaingan dalam dunia wirausaha semakin ketat bukan? 

Para wirausahawan melakukan hal tersebut sebagai bentuk upaya meningkatkan taraf hidup dan mencari sumber pekerjaan. Apalagi saat ini banyak perusahaan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kepada pekerjanya sebagai dampak dari Covid-19. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang beralih profesi menjadi wirausahawan. 

Tidak jarang kita jumpai wirausahawan pemula mengalami kegagalan dalam usahanya. Mereka baru saja merintis usahanya namun tidak dapat bertahan lama. Kenapa hal itu bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah tidak balik modal karena tidak ada anggaran yang masuk. 

Hal ini terjadi karena tidak mudah bagi wirausahawan pemula untuk mendapat konsumen. Bagi kalian yang ingin menjadi wirausahawan kalian harus memiliki strategi promosi yang baik. Untuk itu, ada beberapa teknik pemasaran yang bisa kalian coba, yaitu: 

1. Tawarkan kepada orang terdekat 

Misalkan, saya menawarkan suatu produk kepada saudara saya. Akan tetapi saudara saya juga ditawari produk yang sama oleh anda sebagai orang asing. 

Nah, tentunya ia akan cenderung membelinya dari saya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Teknik ini sebenarnya contoh dari taktik mencapai kesepakatan berdasarkan pertemanan atau rasa suka yang disebut ingratiation. Yang artinya teknik untuk memperoleh kesepakatan dimana pemohon pertama mengusahakan agar target menyukai mereka, kemudian berusaha untuk mengubah tingkah laku sesuai dengan yang diinginkan.

2. Sampel gratis 

Misalnya kita menjual makanan, dengan memberikan sampel makanan secara gratis orang akan tau rasa dari makanan yang kita jual dan jika mereka menyukainya maka kemungkinan besar mereka akan membeli produk kita. 

Sebenarnya prinsip dasar dari teknik ini yaitu membuat target setuju dengan permintaan kecil (menerima sampel gratis) dan kemudian mengajukan permintaan yang lebih besar (membeli produk kita).

3. Iklan di berbagai platform 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline