Lihat ke Halaman Asli

Meeisya EkaSaputri

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Pengabdian kepada Masyarakat Dosen PG PAUD UNJ di Kepulauan Seribu: Kursus Kilat SeRu

Diperbarui: 29 Oktober 2022   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kursus Kilat Pembelajaran SeRu (Sekolah – Rumah) 

Melalui Bernyanyi Ceria dan Bermain Edukatif

Kursus Kilat Pembelajaran SeRu merupakan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Jakarta yang mengusung tema “Pembelajaran SeRu (Sekolah–Rumah) Melalui Kegiatan Bernyanyi Ceria dan Bermain Edukatif”, kegiatan ini ditujukan untuk mitra Prodi PG PAUD UNJ, khususnya bagi pendidik anak usia dini di Taman Kanak-kanak atau Satuan PAUD Sejenis yang berada di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, sebagai wilayah binaan Universitas Negeri Jakarta.

Dokpri

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterapkan oleh semua pendidik anak, melalui kegiatan bernyanyi dan bermain edukatif berbasis buku cerita. 

Pemilihan perancangan kegiatan pembelajaran melalui bernyanyi dan bermain edukatif ini dilakukan dalam bentuk panduan yang ditujukan kepada setiap pendidik anak sebagai upaya peningkatan keselarasan antara guru PAUD dan orang tua untuk melakukan sinergi dalam membimbing anak agar mencapai perkembangan yang optimal.

Kursus Kilat Pembelajaran SeRu (Sekolah–Rumah) diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PkM) Dosen Program Studi PG-PAUD UNJ yang dilaksanakan sejak 19 Juli s/d 20 Agustus 2022.

Rangkaian kursus kilat ini dilakukan secara blanded learning yaitu daring via platform zoom meeting dan luring  atau tatap muka langsung antara narasumber, fasilitator dan peserta kursus. Rangkaian kursus kilat ini terbagi menjadi sepuluh sesi pertemuan dalam jangka waktu 5 minggu. 

Setiap minggunya terdapat 2 sesi pertemuan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber ataupun fasilitator mahasiswa yang berbeda-beda. Penyelenggaraan Kursus Kilat Pembelajaran SeRu (Sekolah–Rumah)  dilakukan secara daring selama 9 kali pertemuan melalui platform zoom meeting, kemudian 2 kali pertemuan dilakukan secara luring di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline