Lihat ke Halaman Asli

Nikmatnya Mie Lethek

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Siapa yang gak tau mie lethek? Makanan khas jogja ini mungkin masih asing di telinga, apa itu mie lethek? hayoo siapa yang penasaran? Bagi yang diluar jogja pasti bingung apasih itu mie lethek tapi bagi orang jogja udah hal biasa? oke saya akan menjelaskan tentang makanan yang satu ini.Mie lethek bukan mie kotor loh,lethek yang artinya kotor,jangan salah sangka dulu. Mie ini dibuat secara tradisional menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet sama sekali.Usaha ini sudah turun menurun sejak zaman dahulu dan sampai sekarang masih terkenal.

Mie ini dibuat menggunakan alat tradisional yaitu sapi,tau sapi kan ya?hewan yang satu ini digunakan karena ramah lingkungan.Kenapa tidak menggunakan mesin? Soalnya pemilik mie lethek ini memproduksinya di daerah perkampungan,karena takut menggangu warga setempat pemilik mie lethek mempunyai ide menggunakan sapi yang tidak menimbulkan suara bising bahkan polusi.Bagaimana cara kerja sapi?pertama, sapi dikasih makan sampai kenyang lalu setelah kenyang dan siap untuk bekerja mata sapi mulai ditutup karena sapi harus berputar terus menerus supaya tidak pusing,sapi harus meratakan dan membuat adonan.Oven untuk memanaskan adonanmasih menggunakan kayu bakar. Pengeringan mie lethek masih menggunakan sinar matahari dan harus dijemur selama 18 jam..Proses pembuatan mie lethek yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Apa sih bahan dari mie lethek sendiri?bahan dari mie lethek adalah campuran dari tepung singkong dan gaplek sehingga warnanya terlihat lethek seperti namanya.Mie lethek ini seperti mie bihun cuma bedanya tekstur mie lethek lebih kenyal dari mie bihun.Tidak seperti mie bihun yang dijual dipasar tradisonal maupun swalayan.Cara pembuatannya pun sama dengan mie bihun ada yang digoreng dan ada yang direbus. Bumbu untuk membuat mie lethek pun juga sederhana yaitu bawang putih, kemiri,garam, dan merica.Jika ingin lebih nikmat lagi bisa ditambahkan dengan suwiran ayam dan telur bebek .

Bagi yang baru mendengar jangan tergiur dengan namanya meskipun namanya mie lethek tapi rasanya dijamin bikin ketagihan.Mie ini dibuat sangat higenis,bersih dan dijamin halal.Bagi pencinta makanan alias pencinta kuliner wajib nyoba makanan yang satu ini dijamin gak rugi kok. Dan bagi para wisatawan yang sedang berlibur dijogja harus nyoba ini kalau enggak nyoba bakal rugi deh. Harga satu porsi mie lethek ini adalah Rp 10.000 murah kan sangat cocok buat mahasiswa-mahasiwi dan juga cocok yang sedang ngekos.Haraganya …Wow murah sekali !! Udah murah,bersih,ramah lingkungan,halal pula.Dimana lagi bisa nemuin makanan semurah ini kalau bukan di jogja.Jogja emang istimewa!!!

Dimana bisa nemuin tempat mie lethek?gampang,kalian bisa nemuin di sepanjang daerah Bantul lebih tepatnya warung “Mie lethek Bantul Mbah Mendes” yang berada diSorobayan,Gadingsari,Sanden,Bantul,Yogyakarta.Kalian bisa menikmati mie lethek diwarung ini.Bagi yang rumahnya bukan daerah Bantul tenang gak harus jauh-jauh datang ke Bantul karenawarung mie lethek mbah mendes ini juga ada cabangnya didaerah Jl.Ring Road Utara (sebelah utara Lotte Mart atau barat SMK),Maguwoharjo,Depok,Sleman,Yogyakarta.Mie lethek juga bisa dibawa pulang atau disajikan dirumah dengan harga Rp 8.000/kilogram.Bagi yang masih penasaran bagaimana cara pembuatannya ini nih ada solusinya bisa datang ketempat pembuatan langsung nanti bakal diliatin dari proses awal pembuatannya sampai dengan hasil akhirnya, di Dusun Bendo,Desa Trimurti,Kecamatan Srandakan,Kabupaten Bantul Yogyakarta.Warung ini buka dari jam 17.00 sampai 22.00.Selamat mencoba dan menikmati mie lethek !!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline