Lihat ke Halaman Asli

Medy Budun

Alumni Magister Administrasi Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat

Betimung ala Ibu Mertua

Diperbarui: 23 September 2021   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jauh sebelum adanya pengobatan secara medis, orang Dayak sudah mengenal metode pengobatan yang dilakukan secara tradisional dengan memanfaatkan ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang diketahui secara turun-temurun memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Hal ini sebagai wujud kearifan lokal masyarakat Dayak dalam bidang kesehatan.

Salah satu dari kearifan lokal dalam bidang kesehatan tersebut adalah Betimung dimana masih banyak orang Dayak menggunakan cara ini untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Betimung adalah sauna tradisional yang dilengkapi dengan rempah-rempah atau ramuan tumbuh-tumbuhan sekitar 8 jenis yang direbus sampai mendidih. 

Hembusan uap air panas yang disertai dengan uap ramuan tumbuh-tumbuhan tersebut yang dimanfaatkan sehingga badan menjadi berkeringat sangat deras. Oleh sebab itu jangan lupa banyak minum air sebelum dan setelahnya untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar.

Peralatan dan bahan yang diperlukan:

1. Steam sauna

2. Kursi untuk duduk (opsional)

3. Ceret air

4. Ramuan tumbuh-tumbuhan untuk direbus dalam air (daun kelor, daun pakis hutan, daun kunyit, daun & akar anggrek hutan, daun "amukakang", "lalangot", "rariwukng", "sidaduit", termasuk ada 3 jenis daun tumbuh-tumbuhan yang belum diketahui namanya dan yang terakhir adalah beberapa butiran padi tua belasan tahun).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline