Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Kunci Utama yang Harus Dimiliki Tim Saat Bekerja

Diperbarui: 5 April 2023   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada tiga kunci utama yang menjaga keberlangsungan tim sekaligus bisnis, yaitu teknologi, konsumen, dan relasi.(Freepik/rawpixel)

Dalam pekerjaan, kita tak lepas dari penggunaan teknologi dan relasi terhadap anggota tim. Keduanya berperan penting untuk mendukung kinerja kita agar bisa mencapai target yang diinginkan.

Dalam siniar Obsesif episode "Peran Personality Traits dan Value dalam Kembangkan Tim" dengan tautan akses dik.si/ObsesifYosephine, Yosephine Dhisaclara, Senior Product Marketing Manager Binar Academy, mengungkapkan peran teknologi hingga kiat-kiat menjaga kepercayaan dalam suatu tim.

Manfaatkan Teknologi Sebaik-Baiknya

Yosephine menjelaskan teknologi mampu memberikan dampak yang signifikan dalam menyelesaikan masalah di sekitar kita. Hal inilah yang dimanfaatkan perusahaan startup, yaitu berusaha mengatasi masalah yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

"Dulu itu mungkin bukan masalah tapi ternyata kayak it's actually something painful yang mungkin sebenarnya bisa di-improve. For example, let's say sekarang ada startup nyewa baju," jelasnya.

Masalah ini bermula saat ingin pergi ke suatu acara dengan dress code tertentu, tapi kita tak memilikinya. Biasanya, akan ada kecenderungan kita untuk membeli baju baru yang kans sekali pakainya lebih tinggi. Dari sinilah, startup tersebut hadir memberikan solusi berupa penyewaan baju.

Akar dari masalah tersebut bisa pula ditelusuri dengan bantuan teknologi, misalnya melalui survei atau riset. Hal ini dibutuhkan karena untuk membuat sesuatu yang baru, kita perlu memahami bagaimana perilaku konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Kita bisa menyebarkan kuesioner hingga wawancara daring dengan konsumen.

Sayangnya, startup yang kurang bisa memenuhi kebutuhan pasar terancam tutup karena terdampak bubble burst. Hal ini sempat dialami beberapa startup pada masa-masa pandemi lalu. Banyak perusahaan yang tak memiliki konsumen loyal untuk membeli barang atau jasa mereka secara berkala dan konstan.

Itu sebabnya, menurut Yosephine, perusahaan harus mampu beradaptasi juga dengan perubahan-perubahan baru yang kerap terjadi. Ia menekankan, "How fast we can adapt and how skilable it is dan kalau kita gak bisa catch up with the market in timely manner akhirnya kita harus ada yang dikorbanin."

Utamakan Kebutuhan Konsumen

Perusahaan yang bisnisnya tak stabil biasanya disebabkan tak paham bagaimana perilaku konsumennya. Padahal, ini menjadi salah satu hal krusial yang harus dilakukan oleh semua perusahaan jika ingin berkembang dan mendapat keuntungan.

Yosephine pun memberikan empat langkah yang bisa diterapkan. Pertama adalah sisihkan waktu khusus untuk survei dengan konsumen. Misalnya, Yosephine melakukan hal ini minimal satu bulan sekali agar mengetahui akar permasalahannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline