Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

10 Aturan Komunikasi yang Buat Semakin Percaya Diri

Diperbarui: 9 Maret 2023   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Freepik

Setiap harinya, kita pasti berbicara dengan orang lain. Kemampuan ini sejatinya telah terbentuk sejak kecil. Meskipun begitu, realitasnya tak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik.

Penyampaian makna dan maksud dengan tepat adalah esensi dari komunikasi. Jika pesan ini tak bisa diterima dengan baik, artinya ada kekeliruan dalam prosesnya. Dari sinilah, sering kali terjadi kesalahpahaman yang bisa berujung fatal. 

Namun, jangan khawatir karena kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat dilatih. Dalam siniar Obsesif musim keenam bertajuk "10 Aturan Komunikasi Bikin Kamu Makin Pede!" dijelaskan ada sepuluh aturan komunikasi yang bisa kita praktikkan.

Kiat-kiat ini merupakan hasil bedah buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, yaitu Berbicara Ada Seninya karya Oh Su Hyang. Kira-kira apa saja sepuluh aturan tersebut?

1. Jangan Bicarakan Orang Dibelakang

Aturan pertama adalah jangan sekali-kali membicarakan orang di belakangnya. Terlebih, jika kita mengatakannya kepada orang lain. 

Jika orang yang dibicarakan tahu, tentu hal ini bisa merusak hubungan kita dengannya. Apabila ada keluhan, lebih baik diskusikan baik-baik dengan orang tersebut.

2. Talk Less, Hear More

Komunikasi yang efektif membutuhkan perhatian penuh pada keseluruhan prosesnya. Jadi, bukan hanya isi pesan, melainkan juga bagaimana perasaan pembicara lewat gestur tubuhnya. 

Jika mereka sedang ingin didengarkan, jadilah pendengar yang baik. Jangan sampai kita memotong pembicaraannya karena sikap ini termasuk ke dalam monopoli pembicaraan.

3. Perhatikan Intonasi

Intonasi juga penting dalam berkomunikasi. Semakin tinggi intonasi, semakin terdistorsi pula isi pesan kita. Terlebih, saat mengobrol dengan orang baru, mereka bisa saja menganggap kalau kita sedang marah.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk menggunakan intonasi rendah atau yang netral.

4. Katakan Sesuatu yang Menyenangkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline