Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Kupas Tuntas Definisi dan Sejarah Podcast yang Perlu Kamu Tahu

Diperbarui: 9 Desember 2022   07:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik via Medio Network

Oleh: Alifia Putri Yudanti

Dalam tiga tahun terakhir, ketenaran podcast di Indonesia semakin menunjukkan grafik yang menjanjikan. Banyak content creator juga membuat podcast untuk menarik pendengar dengan jumlah melimpah. 

Tak hanya itu, bermunculan pula komunitas-komunitas baru yang menggemari podcast. 

Bahkan, ada juga aplikasi-aplikasi pemutar audio yang dikhususkan untuk memutar rekaman podcast. Dapat dikatakan, podcast kini menjadi sebuah media dengan potensi yang sangat menjanjikan.

Apa itu Podcast?

Podcast atau siniar adalah sebuah rekaman audio dengan pembahasan topik tertentu, seperti gaya hidup atau kisah horor, yang dapat didengarkan secara on demand melalui internet. 

Dengan format on demand, podcast dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun sesuai dengan kemauan pendengarnya. Selain itu, pendengar juga bisa memutar ulang rekaman  berulang kali tanpa perlu menunggu jam siar ala radio. 

Misalnya, pendengar bisa memutar podcast horor sebelum tidur atau podcast dengan topik investasi selama perjalanan pulang dari kantor. Fleksibilitas inilah yang menyebabkan podcast sangat digandrungi oleh banyak orang.

Sejarah Munculnya Podcast

Istilah podcast diambil dari kata "iPod" dan "broadcast". Sesuai dengan namanya, sekitar awal tahun 2000-an podcast populer di kalangan pengguna iPod, sebuah perangkat dari Apple yang dapat memutar file audio berformat mp3. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline