Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Pentingnya Support System untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Diperbarui: 12 Juli 2022   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Support System (freepik.com)

Oleh: Alifia Putri Yudanti

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Untuk menumbuhkannya, diperlukan usaha yang tak sebentar. Bahkan, dalam prosesnya akan ada masa naik-turun.

Saat sedang tidak percaya diri, kita memerlukan orang-orang yang dapat memahami, menyemangati, memberikan dukungan moral, dan mengerti keadaan tersebut. Orang-orang itu dikenal sebagai support system.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Saat bertemu dengan orang-orang toksik yang kerap membuat insecure, support system dibutuhkan agar kita dapat mendapat dukungan mental serta afirmasi positif.

Support system akan membantu menenangkan sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan rasa cemas. Mereka juga akan selalu ada disaat kita membutuhkannya, sekali pun dalam kondisi tersulit.

Diri Sendiri Sebagai Awal Pijakan

Sebelum mendapat bantuan dari orang lain, ternyata support system yang paling utama adalah diri sendiri, loh. Sebesar apa pun orang lain memberi semangat kepada kita, tapi kalau terus melakukan mental blocking semuanya akan sia-sia.

Sayang dan peduli dengan diri sendiri adalah hal esensial yang semua orang harus miliki. Rasa tidak percaya diri muncul karena kita selalu menganggap diri sendiri buruk. Oleh karena itu, diperlukan pikiran terbuka untuk menerima apa yang ada di dalam diri.

Vallen Patricia, StyloBebs Ambassador Batch 3, melalui siniar Semua Bisa Cantik juga menambahkan, "Support system yang paling penting itu diri sendiri. Karena kalo kitanya sendiri masih negatif terus, ya, mikirinnya, overthinking-nya udah parah banget. Kalo orang sekitar mau ngomong sebagus apa pun itu, kalo kitanya nutup diri, bakal susah masuk di kita."

Kita harus sadar kalau manusia tidak ada yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kecantikan yang paling hakiki adalah percaya diri dan yakin apa yang kita punya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline