Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Mau Mulai Berbisnis? Ini 6 Tips Menentukan Nama Brand untuk Bisnismu!

Diperbarui: 27 Juni 2022   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

uii.ac.id

Oleh: Zahra Fadhilah

Brand pertama kali digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad ke-19 untuk memberi tanda ke hewan-hewan dengan cara memberikan cap besi panah di tubuh hewan tersebut.

Kata brand kemudian mulai terkenal di Jerman dengan makna yang sama yaitu menandai sesuatu dengan besi panas yaitu brennen.

Saat ini brand memiliki arti identitas diri yang membedakan satu bisnis dengan bisnis yang lainnya. Sedangkan branding diartikan sebagai sebuah kegiatan komunikasi, memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand untuk memberikan perspektif pada orang yang melihatnya.

Brand merupakan identitas bisnis. Oleh sebab itu, memilih nama brand tidak boleh semarangan. Brand harus bisa menggambarkan bisnis secara keseluruhan. 

1. Pilih Nama Brand yang Belum Pernah Dipakai

Lakukan pencarian di Google dan mengetik nama brand yang ingin kamu pakai. Jika sudah ada nama brand serupa, kamu bisa langsung menggantinya.

Kamu bisa membuat nama brand yang bersangkutan sesuai bisnismu atau bisa juga dengan nama kamu.

Selain melakukan mengecekan di Google, kamu juga bisa melakukan pengecekan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual agar lebih aman dalam memilih nama yang belum pernah dipakai oleh pebisnis lain.

2. Mencari Nama yang Unik dan Mudah Diucapkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline