Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Cara Hadapi Tekanan dalam Keluarga dengan Asertif

Diperbarui: 6 Juni 2022   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita semua bisa mengalami tekanan oleh keluarga.(Freepik/drawlab19)

Keluarga merupakan kumpulan orang yang selalu mendukung satu sama lain. Termasuk saat salah satunya sedang mengalami masalah. Meskipun begitu, realitasnya tak semua memiliki keluarga yang suportif. 

Beberapa orang menganggap keluarga sebagai beban karena kerap memberi tekanan dengan menaruh ekspektasi pada anak. Padahal, menurut Mental Health Center, hubungan yang tak baik dengan keluarga bisa menghambat kesejahteraan anak di masa depan. 

Dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk "Saat Aku Sedang Hadapi Tekanan dalam Keluarga" seorang pendengar mengungkapkan bahwa ia mendapat tekanan dari keluarganya.

Setelah lulus kuliah pada 2015, Mala (nama samaran) belum juga mendapat pekerjaan padahal sudah berusaha sekeras mungkin. Namun, keluarganya terus memberi tekanan agar segera mendapat pekerjaan. 

Menjawab permasalahan itu, Novita Tandry, seorang Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga dari NTO International, mengungkapkan beberapa cara yang bisa dilakukan.

Beranikan Diri untuk Mengungkapkan 

Hubungan keluarga memiliki pengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental, baik jangka panjang maupun pendek. Jadi, kalau memiliki hubungan yang baik, kita akan merasa dicintai dan disayangi. 

Untuk itu, cara pertama yang harus dilakukan adalah berani mengungkapkannya. Kita bisa berbicara secara tatap muka atau lewat tulisan. 

Jangan takut untuk mulai berbicara agar orangtua paham dengan kondisi kita. Justru, semakin lama dipendam malah akan memperburuk hubungan dengan keluarga dan kesehatan mental kita. 

Pilihlah Waktu Senggang untuk Berbicara 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline