Lihat ke Halaman Asli

Medio Podcast Network

TERVERIFIKASI

Medio by KG Media

Kenali Positive Self-Talk: Seni Membangun Kepercayaan Diri

Diperbarui: 9 Februari 2022   19:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Medio by KG Media

MENJADI sosok yang memiliki kepercayaan diri bukanlah suatu hal mudah bagi beberapa orang. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui sebelum seseorang dapat menerima diri mereka seutuhnya. 

Terlebih lagi, pada masa pandemi ini, banyak dari kita yang menjadi semakin menutup diri sehingga kepercayaan diri pun menurun. 

Selain pandemi, hambatan lainnya adalah ucapan orang-orang yang tanpa disadari dapat menyakiti hati pendengar. Padahal, setiap orang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. 

Kepercayaan diri penting untuk dimiliki oleh setiap orang agar kegiatan dan komunikasi yang dilakukan berjalan lancar. 

Penelitian Ernawati (2017) memaparkan bahwa saat seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, ia dapat beradaptasi dengan lingkungan baru secara cepat. 

Selain itu, menurut Lauster dalam bukunya Tes Kepribadian (2003), kepercayaan diri memiliki beberapa aspek, yaitu keyakinan terhadap kemampuan diri, sikap optimistis, objektif, tanggung jawab, dan rasional. 

Melihat dari aspek-aspek tersebut, kepercayaan diri memiliki peran penting dalam membuat hidup berjalan lancar. Untuk membangun rasa percaya diri diperlukan tekad yang kuat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan positive self-talk. Positive self-talk adalah bentuk komunikasi intrapersonal yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan diri. 

Saat mempraktikkan self-talk, kita akan diajak berdiskusi tentang banyak hal yang penting untuk diri sendiri. Kita juga akan menyelami pikiran sehingga nantinya menemukan beragam ide-ide menarik. 

Selain itu, ternyata banyak permasalahan kehidupan yang dapat diketahui jawabannya melalui self-talk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline