Assalamualaikum wr.wb
Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang filsafat pendidikan realisme dan beberapa pemikiran tokoh-tokohnya. Berikut penjelasannya:
-Filsafat Pendidikan Realisme
Realisme berasal dari bahasa latin yaitu realis yang berarti ada,nyata,benar. Kata Realisme juga berasal dari bahasa inggris yaitu reality yang berarti fakta, kenyataan. Jadi Realisme adalah penggambaran tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa yang dialami manusia secara nyata, bukan mengada ada, bukan khayalan, dan tidak berupa pemikiran manusia.
Berikutnya sedikit pemaparan pemikiran tokoh filsafat Realisme:
1. Aristoteles
Ia adalah salah satu murid dari Plato yang kritis dalam berpikir dan memiliki pemikiran yang realistis. Ia mengatakan bahwa pengalaman itu bukanlah pengetahuan yang berupa bayangan belaka. Ia mengakui bahwa segala sesuatu itu tidak terletak pada keadaan bendanya, melainkan pada pengertian bendanya.
2. Johan Amos Comenius
Ia adalah pemikir pendidikan yang dapat digolongkan kepada realisme religius. Ia mengemukakan bahwa setiap manusia itu harus berusaha untuk mencapai tuuan yang diinginkan oleh manusia tersebut.
3. William MC Gucken
Merupakan pengikut Aristoteles yang berakar pada meta fisika dan epistemologi, Ia juga membicarakan tentang natural dan supranatural. Ia mengemukakan bahwa tujuan hidup adalah tujuan pendidikan. Jadi jika tidak ada tujuan hidup makajuga tidak ada tujuan pendidikan.