Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Teknologi Melalui Pengembangan Media Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Bagi Kelurahan Kujangsari

Diperbarui: 5 Juli 2024   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelurahan Kujangsari

Komunikasi merupakan hal penting antara pemerintah lokal dan masyarakat. Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, memiliki populasi mencapai 19.051 jiwa pada tahun 2023, kelurahan ini memiliki beragam lapisan sosial dan pekerjaan, termasuk berbagai profesi dari pegawai negeri hingga petani dan pelajar. Visi dan misi kelurahan Kujangsari dapat menjadi landasan dalam merancang solusi ini, dengan fokus pada pembangunan masyarakat yang humanis, agamis, dan berkualitas. Terbatasnya wadah informasi  dalam menyampaikan keluhan secara efektif memerlukan pemanfaatan teknologi pada sistem informasi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Masyarakat Kujangsari menghadapi permasalahan dalam menyampaikan keluhan, terbatasnya sarana tradisional dan ketidaksetaraan akses digital. Solusi yang diusulkan melibatkan penyederhanaan proses, peningkatan transparansi, pelatihan teknologi, dan penciptaan saluran komunikasi yang efektif. Potensi pemberdayaan masyarakat terletak pada keragaman pekerjaan dan tingkat pendidikan, dengan keterampilan teknologi generasi muda yang dapat dimanfaatkan. Solusi konkritnya adalah pembuatan website pengaduan masyarakat Kujangsari. Website ini bertujuan menyelesaikan keluhan masyarakat dengan meningkatkan partisipasi melalui platform digital. Target utamanya adalah menyelesaikan semua keluhan dengan indikator hasil berupa tingkat kepuasan masyarakat dan jumlah keluhan yang berhasil diselesaikan. Layanan dari website ini adalah penanganan formulir keluhan online, verifikasi identitas, dan respons cepat oleh petugas pemerintah.

Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari persiapan kegiatan, pelaksanaan acara, dan evaluasi kegiatan. Sosialisasi dilakukan melalui presentasi, pemaparan materi Design Thinking, dan demonstrasi website. Evaluasi melibatkan survei feedback untuk mengukur kepuasan peserta terhadap acara sosialisasi. Dalam pembuatan website mitra terlibat dalam proses melibatkan wawancara, pembuatan prototipe, uji coba, dan presentasi kepada masyarakat. Diharapkan implementasi solusi ini dapat menciptakan suatu lingkungan di Kelurahan Kujangsari di mana suara masyarakat didengar, dihargai, dan keluhan mereka ditanggapi dengan efektif, menjadikan langkah ini sebagai contoh positif untuk peningkatan pelayanan publik di tingkat lokal.

Universitas Telkom bekerja sama menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat guna memberikan sosialisasi tentang wadah digital yaitu website informasi. Secara keseluruhan, peserta menerima acara ini dengan sangat baik dan antusias, serta merasakan manfaat yang besar dari acara ini. Peserta terlihat memberikan respon positif selama sosialisasi berlangsung dan mengajukan berbagai pertanyaan yang menyangkut materi sosialisasi dan pelatihan. Tim diketuai oleh Mediany Kriseka Putri, MBA  dan beranggotakan Arien Arianti Gunawan, PhD dimana keduanya adalah dosen aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta dibantu oleh tim mahasiswa.

Acara ini ditargetkan untuk dapat terus dilakukan, sebagai salah satu bentuk dedikasi Universitas Telkom untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Untuk kegiatan lebih lanjut, jika memungkinkan dari segi waktu dan kesempatan program ini akan dilanjutkan, dengan terlebih dahulu melakukan beberapa survei dan observasi untuk melihat potensi pengembangan lebih lanjut agar nantinya terwujud solusi-solusi yang tepat sasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline