Lihat ke Halaman Asli

Media Beauty

Pelajar SMK

Inilah 5 Cara untuk Mengatasi Komedo dengan Alami!

Diperbarui: 18 Mei 2022   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Freepik

Minyak berlebih di wajah dan polusi udara membuat komedo bisa terjadi pada siapa saja. Bintik-bintik hitam dan putih yang sering muncul di sekitar hidung dan dagu bisa sangat sulit untuk diperbaiki. Mengatasi komedo membandel yang sulit hilang bisa menjadi masalah bagi siapa saja, terutama yang memiliki kulit sensitif. Salah memilih produk kimia bisa mengancam kerusakan kulit lagi. 

Di bawah ini adalah daftar bahan alami yang ampuh menghilangkan komedo membandel di wajah, namun tentunya sangat aman digunakan pada kulit normal hingga sensitif.

1. Tomat

Tomat dianggap memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dalam mencerahkan kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati. Jadi, untuk menghemat dan mempercantik wajah, tomat mungkin menjadi pilihan yang paling cocok, terutama untuk menghilangkan komedo. 

Khasiat ini hanya bisa didapat saat tomat dihaluskan dan dijadikan masker.

2. Bubuk Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami tanpa rasa sakit. Sifat anti-inflamasi kunyit efektif dalam mengobati komedo. Selain itu, kunyit juga dapat membantu meratakan warna kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah. 

Untuk menggunakan, tambahkan 1 sendok makan air dan bubuk kunyit dan aduk rata. Kemudian, oleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 atau 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3. Gula

Gula adalah exfoliant alami yang mengangkat sel kulit mati dari permukaan luar kulit. Cara menghilangkan komedo hitam dengan gula adalah dengan mencampurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit seperti zaitun, almond, atau jojoba. 

Setelah kering, bilas masker dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, gunakan masker atau scrub ini seminggu sekali untuk membantu pengelupasan dan pengelupasan komedo.

4. Lemon

Memperkenalkan Boldsky, lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Air lemon juga dapat mencegah bekas jerawat atau bekas luka pada kulit. Cara menghilangkan komedo secara alami dengan lemon sangatlah mudah. 

Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan jus lemon ke kulit komedo dan biarkan mengering. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat. Ulangi proses ini 2-3 kali seminggu sampai komedo hilang.

5. Lidah Buaya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline