Lihat ke Halaman Asli

Pondok Mangunan Al Bukhori

MI SMP SMK Sunan Kalijaga

Pentas Seni Budaya Pencak Silat GASMI Ponorogo

Diperbarui: 16 Juli 2024   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Kang Nuridin Pelatih Cabang GASMI Ponorogo menampilkan kembangan saat Khotaman GASMI di Pondok Al Bukhori Mangunan/dokpri)

PONOROGO,gasmicabangponorogo.blogspot.com - Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (GASMI) Cabang Ponorogo menggelar pentas Seni Budaya Pencak Silat, pada Ahad, (14/07/24).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Khotaman dan Pengukuhan warga baru GASMI Cabang Ponorogo tahun 2024 di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan.

Pentas Seni Budaya Pencak Silat GASMI yang dikenal dengan tradisi Pencak Dor nya sangat melekat dikalangan pesantren.

Dalam puncak acara Khotaman dan Pengukuhan warga baru, Pentas Seni Budaya Pencak Silat menampilkan beberapa kembangan dari sesepuh GASMI, diantaranya: Romo Kiai Mukrim Abdullah sesepuh GASMI Ponorogo, Kang Khamid dari Tulung warga angkatan tahun 1982 yang mengembangkan GASMI di wilayah Pekanbaru, Kang Jemani dari Tulung warga angkatan tahun 1982, dan Kang Misdi warga angkatan tahun 1992 dari Karanglo Kidul, serta Kang Nuridin pelatih cabang GASMI Ponorogo.

Kemudian dilanjutkan acara Pentas Seni Budaya Pencak Silat dan Pencak Dor antar warga baru dan antar warga GASMI.

Tidak kurang 1000 pengunjung hadir dalam acara Khotaman GASMI Cabang Ponorogo.

(Romo Kiai Mukrim Abdullah Pembina sekaligus Sesepuh GASMI Ponorogo/dokpri)

Sebagai informasi, GASMI merupakan pencak silat yang lahir dilingkungan pesantren Lirboyo, Kota Kediri oleh KH. M. Abdullah Maksum Jauhari atau lebih dikenal dengan Gus Maksum. Lebih lanjut, masuknya GASMI di Ponorogo berawal dari Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan pada tahun 1971 oleh Romo Kiai Mukrim Abdullah Mangunan, yang saat itu masih menjadi Santri di Pondok Lirboyo.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline