Lihat ke Halaman Asli

Mebiso.com

Berbagi Pengetahuan Bisnis dan Online

10 Teknik Menjual yang Efektif Meningkatkan Pembelian

Diperbarui: 7 September 2017   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebelum melangkah ke dalam tips teknik yang mampu meningkatkan pembeli, tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa fakta mengenai sales. Dan tidak dipungkiri jika fakta berikut membuat Anda tercengang dan berkata "Ohh iya benar, kita salah satunya".

Fakta mengenai sales dijabarkan melalui data berikut ini

  • Semua perusahaan kehilangan pelanggan mereka 10%-30% di akhir tahun
  • Sebanyak 80% perusahaan mendapatkan income dari departemen sales
  • Sebanyak 18% sales gagal di tahap akhir. WHAT?
  • 47% orang akan tetap membeli di tempat yang sama walaupun telah dilayani oleh sales yang buruk
  • 63% orang yang meminta informasi mengenai produk atau layanan Anda hari ini, belum tentu membeli dalam waktu 3 bulan
  • Sebanyak 20% membutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk membeli setelah dikontak pertama kali
  • Sebanyak 91% sales di dunia menawarkan produknya via telepon
  • Dan kabar buruknya, hanya 20% leads yang ter-follow up melalui telepon, sisanya? Leads tersebut hilang

STRATEGI KUNCI :

Hanya 2% saja pelanggan yang akan langsung membeli setelah berkomunikasi pertama kali. Sisanya? Sebanyak 98% pembeli akan membeli setelah terbangun hubungan kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Nah, setelah kita mengetahui apa strategi kunci penjualan, maka bagaimana lebih tepatnya teknik yang bisa diterapkan dalam kegiatan follow up sehari-hari?

Berikut adalah 10 teknik penjualan yang dengan sangat mudah Anda kuasai :

1. Percaya diri dan apa yang dilakukan hari ini adalah untuk membantu pelanggan

Tidak akan ada yang membeli jika seorang sales saja tidak percaya pada produk yang dia tawarkan. Sales yang lebih percaya diri lebih mudah untuk meraih kesuksesan.

2. Menarik pelanggan dengan memberikan solusi

Pembeli membutuhkan kenyamanan, oleh karena itu dengan memberikan solusi maka akan membantu pelanggan mencapai tujuannya.

3. Menunjukkan potensial ROI

Gambarkan dengan jelas dan persuasif mengenai data yang tentu akan sangat membantu.

4. Buat koneksi secara personal

Sifat seseorang adalah menyukai hubungan antara pembeli dan penjual yang terus dibangun. Dan ini sangat penting demi keberlangsungan bisnis.

5. Kolaborasi dengan calon pelanggan

Tentunya pelanggan ingin menjadi bagian dari suatu solusi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

6. Mendengarkan calon pelanggan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline