Lihat ke Halaman Asli

Mebiso.com

Berbagi Pengetahuan Bisnis dan Online

Ini Alasannya! Kenapa Kepribadian Berperan Menjadi Seorang Sales

Diperbarui: 7 Juli 2017   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Menjadi seorang sales tentu saja bukan sekedar mampu berkomunikasi dengan baik. Bukan juga mampu membangun hubungan jangka panjang baik dengan customer, relasi bisnis sampai dengan kompetitor sekalipun. Kepribadian setiap orang mampu mempengaruhi kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dan kepribadian inilah yang harus dimaksimalkan oleh seorang sales dalam setiap kegiatan mereka.

Seringkali kita menggunakan sebuah tes psikologi sederhana untuk menegtahui bagaimana keprbadian kita. Salah satu tesnya yaitu MBTI(Myers-Briggs Type Indicator). MBTI memiliki kombinasi 4 huruf di setiap kepribadian yang tergambar pada seseorang. Dan ada 16 jenis kepribadian yang berbeda dimiliki oleh seseorang.

Beberapa tipe kepribadian cenderung menjadikan seseorang sebagai sales yang baik dan kepribadian lainnya juga menjadikan seseorang sebagai sales yang kompeten.

Namun sebelum menjelaskan masing-masing kepribadian dan aspeknya menjadi penting bagi seorang sales. Kita bahas terlebih dulu populasi kepribadian di seluruh dunia.

1. Analysts

-- INTJ 2.1%
-- INTP 3.3%
-- ENTJ 1.8%
-- ENTP 3.2%

2. Sentinels

-- ISTJ 11.6%
-- ISFJ 13.8%
-- ESTJ 8.7%
-- ESFJ 12.3%

3. Diplomats

-- INFJ 1.46%
-- INFP 4.4%
-- ENFJ 2.5%
-- ENFP 8.1%

4. Explorers

-- ISTP 5.4%
-- ISFP 8.8%
-- ESTP 4.3%
-- ESFP 8.5%

Nah, Anda mungkin sudah akrab dengan kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Kita akan coba bahas satu persatu:

1. Introvert (50,7% dari populasi)

Mereka adalah pribadi yang cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.

2. Ekstrovert (49,3% dari populasi)

Mereka biasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline