Lihat ke Halaman Asli

sekar mawarni

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Unnes Giat 3 Desa Bandarsedayu Berpartisipasi dalam Perayaan Hari Santri 2022

Diperbarui: 1 November 2022   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa Unnes Giat 3 Desa Bandarsedayu, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang berpartisipasi dalam kegiatan hari karnaval memperingati hari santri. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022. 

Kegiatan karnaval dalam memperingati hari santri diikuti oleh TPQ, Pesantren, Madrasah Ibtidaiyah, dan berbagai organisasi keagamaan di kecamatan Windusari. Acara berjalan sangat meriah . peserta berlomba-lomba menghias mobil karnaval mereka. Kreativitas warga Windusari dapat terlihat di acara ini. Terbukti terdapat berbagai ikon yang iconic seperti mobil yang dihias dengan domba raksasa, dihias menggunakan miniatur ka'bah, dan ada pula yang dihias menggunakan miniatur kubah masjid. Selain menghias mobil karnaval, peserta juga diwajibkan membuat yel-yel untuk identitas mereka.

Lapangan windusari dipilih sebagai titik kumpul sekaligus titik start karnaval. Para peserta yang menaiki mobil, berkumpul di lapangan dan berbaris. Acara dimulai dengan doa kemudian dilanjutkan pemberangkatan. Para peserta arak-arakan ini kemudian berjalan sesuai rute yaitu dari pasar Windusari kemudian ke arah Bandarsedayu, dilanjutkan ke arah genito yang juga menjadi titik finish.

Mahasiswa Unnes yang mengikuti kegiatan Giat 3 dibawah naungan Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM Unnes juga turut serta memeriahkan acara. Mahasiswa Unnes Giat 3 desa Bandarsedayu, membantu MI Miftakhut Tholibin untuk berpartisipasi dalam karnaval tersebut. Mahasiswa membantu menghias mobil karnaval dan melatih yel-yel anak-anak. Hal tersebut sebagai wujud nyata pilar budaya dalam Unnes giat 3 yang mempunyai tagline bersama UNNES GiAT, membangun Indonesia dari Desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline