Lihat ke Halaman Asli

Me Rohana

Hanarohana

Etika Bisnis dan Moral

Diperbarui: 15 November 2021   05:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bisnis adalah sesuatu hal yang tidak dapat terlepas dari masyarakat, yang kata lainnya adalah masyarakat merupakan bagian dalam bisnis dan begitupun sebaliknya. Karena bisnis tidak dapat terlepas dari masyarakat maka bisnis seharusnya taat terhadap norma-norma yang ada pada masyarakat. 

Tata hubungan bisnis dengan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan tersebut telah menciptakan etika-etika tertentu dalam aktifitas bisnis, baik etika bisnis antar sesama pelaku bisnis maupun etika bisnis terhadap masyarakat, baik dalam hubungan langsung maupun tidak langsung. 

Dalam beberapa periode, etika bisnis telah menjadi sebuah isu yang begitu hangat serta penting pada setiap perusahaan. 

Dalam menjalankan kegiatan bisnis tentunya perusahaan harus berusaha menghindari efek negatif kepada masyarakat yang berada disekitarnya.

Masyarakat yang dimaksudkan disini adalah para pekerja, perusahaan lain, pelanggan, pemasok, investor, serta masyarakat ataupun penduduk disekelilingnya. Begitu hangatnya isu mengenai dalam etika bisnis.

Secara etimologi etika berasal dari kata yang artinya "ethicus" (bahasa latin) dan " eticos" (bahasa  yunani) yang mempunyai makna  "kebiasaan". 

Menurut Harmon Chaniago (2013:237) etika merupakan nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, didasarkan pada kebiasaan mereka. Hal ini dipertegas oleh Barten dalam Gustiana (2008:138) "etika dapat diartikan sebagai nilai-nilai dan norma-norma moral dalam suatu masyarakat. 

Disini tersirat arti moral atau moralitas yaitu hal yang penuh dengan pandangan atau nilai yang dianut oleh masyarakat, dimana dalam dasar itu dibangun sebuah kebiasaan yang mereka lakukan. 

Membahas mengenai dari etika yaitu mengenai salah atau benar. Menurut Wikipedia Indonesia (2014) etika bisnis adalah cara untuk melakukan aktifitas kegiatan bisnis yang mencakup  seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat, etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma, serta perilaku karyawan dan kepemimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan konsumen, mitra kerja, pemegang saham, dan masyarakat.

Etika merupakan ilmu pengetahuan tentang apa yang menjadi baik dan apa yang menjadi tidak baik untuk dilakukan, diperbuat atau dijunjung tinggi. 

Dapat disimpulkan bahwa etika bisnis adalah ilmu yang menyangkut tata pergaulan didalam kegiatan-kegiatan bisnis dimana etika bisnis ialah menerapkan aturan-aturan umum mengenai etika pada perilaku bisnis. Etika bisnis menyangkut moral, social, kontak, hak serta kewajiban yang dalam kaitannya termasuk dalam prinsip-prinsip dan aturan-aturan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline