Lihat ke Halaman Asli

Iwan Novirion

Filatelis

Tutorial #7: Penjadwalan Penayangan Tulisan (Scheduling)

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Tutorial ini merupakan bagian dari serial Tutorial Kompasiana yang memberi panduan tahap demi tahap dalam beraktifitas dan berinteraksi di Kompasiana. Mulai dari cara registrasi, cara menayangkan (publish) tulisan sampai cara menayangkan video dan memilih nama pena. Untuk melihat semua tutorial, klik tag Tutorial Kompasianayang ada di bawah tulisan. Seluruh materi tutorial ini nantinya akan dikumpulkan sebagai arsip di menu Tutorial.

***

Mengenai permasalahan penjadwalan penayangan tulisan ini sebenarnya telah dibahas dalam "Tutorial#3: Menayangkan Tulisan" oleh Iskandar Zulkarnain (silahkan dibaca kembali tutorial tersebut untuk menyegarkan ingatan anda). Namun agaknya akan lebih baik jika dibahas tersediri berkaitan dengan adanya kompetisi "iB Kompasiana Blogging Day", sebuah kompetisi penulisan blog di Kompasiana secara bersama-sama dan dalam batas waktu yang ditentukan, pada tanggal 29 Juli 2010.

Mengapa hal penjadwalan penayangan ini berkaitan dengan kompetisi tersebut? Sebenarnya adalah untuk menjawab salah satu tanggapan tulisan dari Admin Kompasiana mengenai kompetisi tersebut, yaitu tulisan yang bertajuk "Ngeblog Bareng 100 Menit, yuk!". Dimana salah seorang kompasianer menanggapinya kira-kira seperti ini :

"Wah, jam segitu saya lagi ada meeting...."

Mengatasi hal tersebut, di bawah ini adalah solusinya.

***

Penjadwalan Penayangan Tulisan

Fasilitas pengiriman tulisan pada kompasiana (seperti terlihat pada gambar di atas) sebenarnya memiliki sistem penjadwalan (schedule) penayangan tulisan (panah No. 3). Dimana saat kita telah selesai membuat (mengetik) sebuah tulisan, kita mempunyai pilihan untuk dapat menjadwalkan kapan tulisan tersebut akan muncul (tayang) di Kompasiana.

Artinya jika pada saat tengah malam anda mempunyai ide mengenai sebuah tulisan, namun lantas batal anda publish (tayang) lantaran merasa sudah terlalu larut malam, dengan anggapan tidak akan ada orang yang membaca tulisan tersebut. Dengan fasilitas scheduling hal ini dapat teratasi, anda tinggal menentukan saja waktu yang tepat bagi tulisan anda untuk ditampilkkan di kompasiana. Tentu saja saat siang hari dimana ramai kompasianer mengakses Kompasiana adalah jadwal penayangan yang rasanya tepat agar tulisan anda juga ramai dibaca.

Demikian juga berkaitan dengan batas waktu kompetisi "Ngeblog Bareng" yang mungkin saja bentrok dengan jadwal kuliah ataupun jadwal rapat di kantor anda, dapat anda antisipasi dengan memuat tulisan yang ingin anda ikut sertakan dalam kompetisi dengan melakukan penjadwalan penayangan sesuai dengan jadwal kompetisi yang dilangsungkan. Hingga kesibukan anda di dunia nyata dapat terlaksana sembari kompetisi di Kompasiana tetap dapat anda ikuti.

Pembahasan mengenai langkah-langkah guna melakukan penjadwalan penayangan tulisan akan dibahas satu-persatu dibawah ini.

Menjadwalkan Tulisan Guna melakukan penjadwalkan penayangan sebuah tulisan langkah-langkahnya adalah, klik tulisan Edit seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Akan muncul kolom seperti pada gambar di bawah ini :

Lalu silahkan tentukan sendiri tanggal dan juga waktu penayangan tulisan yang Anda inginkan, dan akhiri dengan mengklik tombol Publish. Selamat ! Anda kini telah menjadwalkan penayangan tulisan sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai tambahan, setiap tulisan yang Anda tayangkan langsung tampil di halaman depan Kompasiana, dan rangkaian tulisan yang ditayangkan dari satu orang Kompasianer hanya akan mendorong tulisan Kompasianer lain ke luar dari halaman depan sehingga dapat mengganggu kenyamanan bersama. Demikian tutorial yang mungkin dianggap repost ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat terutama bagi mereka yang mengikuti kompetisi "iB Kompasiana Blogging Day". Wasalam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline