Lihat ke Halaman Asli

5 Kiat ‘Hijau’ Berolah Raga

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Gerakan ramah lingkungan kini semakin populer, namun masih banyak yang belum memahami cara menerapkan konsep hijau itu dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam aktivitas olah raga.

Berikut beberapa tips hijau yang bisa Anda terapkan saat Anda berolah raga yang bisa mengurangi jejak karbon Anda:

1. Terapkan konsep hijau 3R (reduce, reuse, and recycle) dalam berolah raga. Menjaga tubuh tetap segar sangat penting saat berolah raga. Minum air adalah kuncinya. Pilih botol air yang bisa dipakai ulang. Gunakan kembali dan daur ulang sepatu lama Anda atau sumbangkan ke mereka yang membutuhkan bila sudah tak terpakai.

2. Beli makanan organik dan minuman olah raga dalam ukuran besar. Walaupun dijual dalam kemasan kecil sehingga mudah untuk dibawa saat bersepeda atau berjalan kaki, usahakan untuk selalu membeli makanan dan minuman olah raga yang berukuran paling besar. Anda bisa membagi dan memindahkan makanan atau minuman olah raga itu ke tempat yang bisa dipakai ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

3. Nikmati alam dengan berjalan, berlari dan mengendarai sepeda di luar ruangan. Bagi mereka yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, pesan ini sangat berharga. Penulis buku ternama, Netta Weinstein mengatakan: “Lingkungan mempengaruhi kita dengan cara yang kadang tidak kita bayangkan. Usahakan untuk selalu beraktifitas di luar ruangan dan saat Anda berada dalam ruangan, ciptakan lingkungan yang hijau dengan meletakkan tanaman, barang-barang alami serta gambar-gambar pemandangan alam. Semakin Anda menghargai lingkungan, semakin besar manfaat yang bisa Anda peroleh.”

4. Baik saat Anda berlatih maupun berlomba, pahami dan terapkan konsep “Jangan Tinggalkan Jejak” (Leave No Trace concepts). Konsep ini biasa dipakai oleh para pecinta alam: mereka selalu membungkus sampah dan membuangnya ke tempat yang telah ditentukan, mendaur ulangnya atau mengubahnya menjadi kompos.

5. Gunakan produk-produk perawatan tubuh alami termasuk pengharum dan tabir surya. Dengan membeli produk alami, Anda juga akan mendukung bisnis yang ramah lingkungan. Cari data di Internet mengenai produk-produk alami yang cocok untuk Anda.

Catatan Redaksi:

Artikel ini adalah hasil kerjasama Hijauku.com dan Taiga Company, Perusahaan Konsultansi Lingkungan dari Amerika Serikat.

Redaksi Hijauku.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline