Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UPN "Veteran" Jawa Timur Adakan Pelatihan Desain Packaging dan Strategi Bisnis Digital

Diperbarui: 21 Mei 2022   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Setelah diadakannya monitoring pembuatan manisan tomat kurma pada Sabtu, 9 April 2022 dan Minggu 10 April 2022 melalui pintu ke pintu rumah warga desa Giripurno yang bertujuan lebih mengenalkan produk manisan tomat kurma kepada warga desa Giripurno yang dapat menyelelamatkan harga jual tomat yang kian sering fluktuatif atau tidak menentu dan bahkan dapat menjadikan buah tomat menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi dari sebelumnya, Mahasiswa KKN Bina Desa Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jawa Timur mengadakan pelatihan lebih lanjut yakni Desain Packaging dan Strategi Bisnis.

            Selasa, 17 Mei 2022 Mahasiswa KKN Bina Desa Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jawa Timur telah mengadakan pelatihan strategi bisnis dan desain packaging di salah satu rumah warga desa Giripurno. Pelatihan strategi bisnis dan desain packaging ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada warga desa Giripurno bagaimana cara memasarkan dan menjual produk melalui media online dan cara mengemas produk dengan baik dan lebih ekonomis. Banyak ibu rumah tangga desa Giripurno yang tertarik mengikuti kegiatan pelatihan Desain Packaging dan Strategi Bisnis ini dan tidak hanya mengikuti kegiatan saja tetapi juga antusias mempraktekan bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Instagram dan shopee.

            Selain memberi wawasan kepada ibu-ibu rumah tangga desa Giripurno kegiatan ini juga membantu pelaku usaha manisan tomat kurma memasarkan dan menjual ke dalam media bisnis digital yang dimana pemasaran produk menggunakan aplikasi Instagram dan untuk penjualan manisan tomat kurma menggunakan aplikasi  shopee. Ada pula evaluasi atau output yang dihasilkan dalam kegiatan ini yakni semakin luasnya wawasn ibu-ibu rumah tangga desa Giripurno mengenai desain packaging dan strategi bisnis dan juga terbuatnya akun Instagram dan shopee untuk pelaku usaha manisan tomat kurma yang telah siap untuk dijalankan.

            Suatu kegiatan tentu tak hanya asal diadakan tanpa adanya manfaat. dalam kegiatan pelatihan desain packaging dan strategi bisnis ini tentu memiliki banyak manfaat bagi masyarakat desa Giripurno, diantaranya yakni memberikan informasi atau pengetahuan mengenai cara mengemas produk-produk yang akan mereka pasarkan dan bahkan kegiatan ini menjadi solusi bagi ibu-ibu rumah tangga desa Giripurno yang bimbang untuk mengemas produk mereka. Kegiatan ini juga memberi wawasan dan informasi tentang bisnis digital terutama Instagram dan shopee dan bahkan beberapa ibu-ibu rumah tangga telah menambahkan opsi mejual produk mereka kedalam bsinis digital menjadi salah satu alternatif yang lebih baik daripada biasanya. Pelaku usaha tomat kurma juga sangat terbantu karena terbuatnya akun Instagram dan shopee yang siap dijalankan dan pelaku usaha juga telah diarahkan untuk mengoperasionalkan aplikasi Instagram sebagai media pemasaran yang luas dan aplikasi shopee sebagai media penjualan.

dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline