Lihat ke Halaman Asli

Kunci Jawaban US Matematika Tahun 2013 di Kabupaten Bekasi Bocor

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sungguh mencengangkan ketika kudapati selembar kisi-kisi soal US Matematika SMP tingkat kabupaten Bekasi yang dalam salah satu lajur kolomnya berisikan tulisan "Kunci Jawaban". Ironisnya, kisi-kisi soal tersebut sengaja diperbanyak oleh sebuah sekolah swasta yang berlatar Islam terpadu di Kabupaten Bekasi.

Mata Ujian yang kebagian jadwal pada hari ke-3 (Rabu,27 Maret 2013) itu ternyata kunci jawabannya telah disebarluaskan seminggu sebelumnya.

Penasaran akan hal tersebut, keesokan harinya saya mengecek dan menyesuaikan Kunci jawaban yang tersebar tersebut dengan soal yang di sajikan pada Rabu,27 Maret tersebut. Mengejutkan, Ternyata sama persis.

Kisi-kisi yang di keluarkan oleh MGMP Kabupaten Bekasi tersebut mestinya mendapat perhatian khusus dari Disdik Kabupaten Bekasi. Namun hingga hari ini tak ada satupun kabar tentang penanganan masalah tersebut. Bukti tersebut hingga kini ada di tangan saya. Sebagai bagian dari pendidik anak bangsa di negeri ini, haruskah saya laporkan hal tersebut kepada Pimpinan Disdik setempat?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline